Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data dianalisis menggunakan regresi linier berganda, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Gresik dan MAN 2 Gresik tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 226 orang ditentukan jumlah sampel sebanyak 145 orang dengan teknik proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan ada pengaruh yang signifikan dan positif antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik MAN di Kabupaten Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kurang memanfaatkan media teknologi berbasis komputer dan kurang adanya motivasi dalam mencapai prestasi. Maka peneliti merekomendasikan agar guru menerapkan media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dan guru harus mampu membangkitkan motivasi berprestasi siswa agar hasil belajar dapat dicapai secara optimal.
Copyrights © 2017