cover
Contact Name
Muhammad Abdul Ghofur
Contact Email
muhammadghofur@unesa.ac.id
Phone
+6281252598415
Journal Mail Official
muhammadghofur@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Gedung G1.02.07 Kampus Ketintang Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan
ISSN : -     EISSN : 25795716     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/jpeka.v3n2
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Since 2017 published twice a year by Open Journal System to accommodate various research offers original articles on teaching economics. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Economic Education, Faculty of Economic, Universitas Negeri Surabaya and published by Universitas Negeri Surabaya in collaboration with Aspropendo (Asosiasi Pendidik Ekonomi Indonesia) leading scholars evaluate innovations in teaching techniques, materials, and programs. Instructors of introductory through graduate level economics will find the journal an indispensable resource for content and pedagogy in a variety of media. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan published in May and November.
Articles 145 Documents
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MAN DI KABUPATEN GRESIK Ismawati, Lilik
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v1n2.p091-104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data dianalisis menggunakan regresi linier berganda, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Gresik dan MAN 2 Gresik tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 226 orang ditentukan jumlah sampel sebanyak 145 orang dengan teknik proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan ada pengaruh yang signifikan dan positif antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik MAN di Kabupaten Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kurang memanfaatkan media teknologi berbasis komputer dan kurang adanya motivasi dalam mencapai prestasi. Maka peneliti merekomendasikan agar guru menerapkan media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dan guru harus mampu membangkitkan motivasi berprestasi siswa agar hasil belajar dapat dicapai secara optimal.
PENDIDIKAN, PENDAPATAN NASIONAL, DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA Hindun, Hindun
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v3n1.p15-22

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Besarnya jumlah penduduk yang tidak berkualitas dan pendapatan nasional yang belum mampu membangun perekonomian mengakibatkan penyerapan tenaga kerja tidak optimal, sehingga timbul pengangguran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah yang menyebabkan penyerapan tenaga kerja tidak optimal adalah pendidikan dan pendapatan nasional. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda cross section dengan sampel 34 provinsi di Indonesia tahun 2018. Hasil estimasi menunjukkan bahwa pendidikan dan pendapatan nasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapantenaga kerja, baik secara parsial maupun simultan. Diharapkan pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan dan penerimaan pendapatan nasional agar penyerapan tenaga kerja menjadi lebih optimal.
EVALUASI PENINGKATAN PENGALAMAN BELAJAR PROGRAM UNIT PRODUKSI DAN JASA BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 SALATIGA Sujoko, Sujoko; Ismanto, Bambang
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v1n1.p8-20

Abstract

Penelitian bertujuan untuk Mengevaluasi desain, instalasi, proses, hasil serta manfaat dan biaya pada penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian evaluatif deskriptif dengan model evaluasi Descrepancy. Data dikumpulkan  melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang divalidasi melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada 1). Aspek Desain penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga telah berdasarkan pada latar belakang penyelenggaraan program dan memenuhi persyaratan yang tertuang dalam standar penyelenggaraan unit produksi dan jasa. 2). Aspek Instalasi pada penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga telah dilengkapi dengan Standar Penyelenggaraan Unit Produksi dan Jasa di SMK yang terdiri dari komponen standar 1). Organisasi, 2). Sumber Pemodalan, 3). Program, 4). Pengelolaan Profit, 5). Pembukuan dan Pertanggungjawaban Keuangan. 3). Aspek Proses pada penyelenggaraan  Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga belum sesuai dengan standar yang ditetapkan khususnya pada komponen standar program dan pembukuan pertangggungjawaban keuangan. 4). Aspek Hasil pada penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga telah sesuai dengan standar yang ditetapkan. 5). Aspek Analisis Biaya dan Manfaat pada penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga belum sesuai dengan standar yang diterapkan. Dengan demikian masih perlunya penataan ulang dan perbaikan terhadap penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga.                         
PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL SELF EFFICACY MAHASISWA AKUNTANSI Herawati, Nyoman Trisna; Candiasa, I Made; Yadnyana, I Ketut; Suharsono, Naswan
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v2n2.p115-128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi financial self efficacy mahasiswa Program Studi Akuntansi (S1) di Bali yang dilihat dari kualitas pembelajaran keuangan dan literasi keuangan mahasiswa. Metode penelitian menggunakan rancangan kuantitatif dengan pendekatan ex post facto melalui teknik analisis jalur (path analysis). Data penelitian dikumpulkan melalui tes literasi keuangan dan kuesioner yang didistribusikan melalui metode purposive sampling. Sampel penelitian merupakan mahasiswa Akuntansi S1 yang duduk di semester IV dan VI sebanyak 182 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara kualitas pembelajaran keuangan terhadap literasi keuangan. Demikian hanya literasi keuangan memiliki pengaruh langsung terhadap financial self efficacy mahasiswa. Namun hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pembelajaran keuangan tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap financial self efficacy, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran keuangan hanya memiliki pengaruh tidak langsung terhadap financial self efficacy melalui literasi keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya meningkatkan kualitas pembelajaran keuangan tidak hanya untuk meningkatkan indeks literasi keuangan namun juga financial self efficacy mahasiswa.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 KOMPETENSI DASAR MENGEMUKAKAN DAFTAR URUT KEPANGKATAN DAN MENGEMUKAKAN PERATURAN CUTI Wahyuni, Hesty Indria; Puspari, Durinta
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v1n1.p54-68

Abstract

Penelitian pengembangan modul ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi olehpeneliti karena satu-satunya bahan ajar yang digunakan di sekolah bersumber dariinternet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembanganmodul, kelayakan modul, dan respon siswa terhadap modul pembelajaran berbasiskurikulum 2013 Kompetensi Dasar Mengemukakan Daftar Urut Kepangkatan danMengemukakan Peraturan Cuti serta menganalisis respon siswa di SMKN 2Buduran Sidoarjo. Modul yang dikembangkan disesuaikan dengan komponenkelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikandari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Model pengembangan modul inimengacu pada model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknikpengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi dan lembar angketrespon siswa. Lembar validasi diberikan pada ahli materi dan ahli grafis, sedangkanlembar angket respon siswa diberikan pada 15 siswa kelas XI APK 1 di SMKN 2Buduran Sidoarjo. Data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.Data yang dianalisis adalah data hasil validasi dan data hasil respon siswa. Hasilvalidasi untuk komponen kelayakan isi materi sebesar 98,21%, kelayakanpenyajian 99,10%, kelayakan bahasa 96,42%, dan kelayakan kegrafikaan 80%.Sehingga rata-rata hasil validasi sebesar 93,43% dengan kategori ?sangat layak?.Sedangkan hasil respon siswa sebesar 95,99% dikategorikan ?sangat layak?.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMILIHAN UNIVERSITAS PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 22 SURABAYA Puspitasari, Anggraini; Patrikha, Finisica Dwijayati
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v2n1.p1-10

Abstract

Pendidikan merupakan prioritas terpenting bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini terjadi karena masyarakat mempunyai harapan dapat melanjutkan dan menyelesaikan pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Jenjang yang lebih tinggi tersebut yaitu kuliah, dimana siswa akan dihadapkan pada pemilihan berbagai jenjang pendidikan mulai dari Diploma (DI, DII, dan DIII) maupun Sarjana (S1). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan Universitas pada siswa kelas XII SMA Negeri 22 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis pendekatan kuantitatif dan bersifat confirmatori. Teknik sampel menggunakan proportional random sampling, dengan sampel 190 responden dan populasi 362. Hasil penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan Universitas pada siswa kelas XII SMA Negeri 22 Surabaya yaitu kelompok referensi, citra lembaga, motivasi, keluarga, lokasi, dan harga. Faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan adalah kelompok referensi, citra lembaga, motivasi, keluarga, lokasi, dan harga.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN ACUAN STANDAR BERFIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATA KULIAH PENGANTAR MANAJEMEN Fitriani, Fitriani; Wijaya, Purba Andy
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v3n2.p87-96

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran pada mata kuliah pengantar manajemen yang mengacu pada standar berfikir tingkat tinggi mahasiswa. Berfikir tingkat tinggi disebut juga dengan higher, order, thinking, skills (HOTS).. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS), modul dan instrumen tes berfikir tinggi. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan pada mata kuliah pengantar manajemen tahun ajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari: penelitian pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Instrument yang digunakan terdiri dari lembar validasi ahli, lembar penilaian untuk kepraktisan, dan instrumen tes berfikir tingkat tinggi. Teknik analisis data terdiri dari 3 tahapan, yaitu analisis kevalidan dari perangkat pembelajaran, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan untuk perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi berfikir tingkat tinggi berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPS), modul dan instrumen tes HOTS telah memenuhi syarat valid, praktis, dan efisien.
ANALISIS PENGARUH DISTRIBUSI PENDAPATAN, TINGKAT PENGANGGURAN, DAN PENGELUARAN PEMERINTAH SEKTOR PENDIDIKAN TERHADAP IPM DI INDONESIA Meydiasari, Dewi Azizah; Soejoto, Ady
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v1n2.p116-126

Abstract

Kualitas sumberdaya manusia menjadi faktor utama penggerak pembangunan. Tingginya ketimpangan pendapatan serta pengangguran mengakibatkan terhambatnya pembangunan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah yang ada yaitu dengan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui sektor pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Distribusi Pendapatan, Tingkat Pengangguran, dan Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia tahun 2010-2015. Melalui regresi data panel dengan model Fixed Effect diperoleh hasil bahwa variabel distribusi pendapatan dan pengeluaran pemerintah sektor pendidikan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap IPM. Sedangkan variabel tingkat pengangguran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IPM. Adapun secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap IPM dengan nilai R2 sebesar 0,9644 artinya ketiga variabel tersebut berpengaruh sebesar 96,44% terhadap IPM dan 3,56% IPM dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI 2017 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Islamiyah, Nuril
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v3n1.p23-32

Abstract

This study aims to determine the effect of learning facilities and learning motivation on the learning achievement of 2017 Economics Education Department students at Surabaya State University. This research includes the type of associative research with a quantitative approach. Respondents in this study were 172 students from the Economics Education Department, consisting of four study programs, namely PAK, PTN, PE, and PAP. The analysis test used is multiple linear regression test. The results showed that learning facilities and learning motivation had a positive and significant effect simultaneously on student learning achievement based on the statistical F test with a significant value of 0.00, meaning the sig <? (0.05) value, besides learning facilities had a positive and significant effect on achievement student learning partially with a significant value of 0.037 means the value of sig < ? (0.05). Learning motivation also has a positive and significant effect on student learning achievement partially with a significant value of 0.00, meaning the value of sig <? (0.05) so that is rejected and is accepted. The coefficient of determination is based on the Adj R-Square table of 0.324.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR Mustomi, Dede
JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jpeka.v1n2.p069-081

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan pengaruh budaya organisasi dan knowledge sharing terhadap prestasi belajar. Budaya organisasi adalah persepsi umum yang dimiliki oleh anggota organisasi (Robbins, 2005). Knowledge sharing adalah tindakan dimana karyawan menyebarkan informasi yang relevan didalam organisasi (Bartol dan Srivastava dalam Yang, 2007). Prestasi belajar merupakan hasil-hasil belajar yang dicapai mahasiswa dengan kriteria tertentu (Nana Sudjana dalam Ariwibowo, 2012). Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan : (1) pengaruh budaya organisasi terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh knowledge sharing terhadap prestasi belajar, (3) pengaruh budaya organisasi dan knowledge sharing secara simultan terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode correlational research. Hasil dari penelitian ini (1) terdapat pengaruh positif budaya organisasi terhadap prestasi belajar, (2) tidak terdapat pengaruh positif knowledge sharing terhadap prestasi belajar, (3) terdapat pengaruh positif budaya organisasi dan knowledge sharing secara simultan terhadap prestasi belajar.

Page 1 of 15 | Total Record : 145