Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik)
Vol 3, No 2 (2019): Volume 3 Nomor 2, November 2019

METODE BERCERITA SEBAGAI UPAYA PEMULIHAN TRAUMA PASCA BENCANA PADA ANAK USIA DINI

Hasiana, Isabella (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2020

Abstract

Metode  bercerita adalah salah satu metode yang banyak digunakan dalam proses mendekati anak-anak yang menjadi korban bencana alam, terutama bagi mereka yang mengalami trauma seperti menangis, takut, kesehatan menurun dan sebagainya. Trauma pada setiap anak memiliki rentang waktu pemulihan yang berbeda, tergantung pada kondisi lingkungan yang berperan untuk membantu anak dalam memahami kejadian atau peristiwa  yang mereka alami. Subyek penelitian adalah tiga orang anak usia dini dengan rentang usia  4-5 tahun yang mengalami trauma pasca bencana alam dan significant order dalam hal ini yaitu relawan yang bertugas mendampingi anak.  Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian metode bercerita bagi anak yang mengalami trauma memiliki pengaruh dalam menghilangkan trauma yang dialami.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jbk

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Bikotetik: This journal is for guidance and counseling practitioners (teacher, counselor, observer, etc), and academics. Access to unpaid journal (FREE) for both reader and author. Articles published for this journal may include research results, community service results in the area of Counseling ...