Jurnal Mumtaz
Vol. 1 No. 2 (2021): JULI 2021

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI ERA NEW NORMAL (Studi kasus di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz Karimun)

Muhammad Vriyatna (STIT Mumtaz Karimun)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK Tugas lembaga pendidikan tidak hanya melakukan berbagai upaya yang bermakna seperti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan mutu, dan lain-lainnya. Tetapi lebih dari itu untuk menyukseskan semuanya perlu dipromosikan dan dikomunikasikan kepada masyarakat luas dengan teknik dan strategi pemasaran yang profesional dan handal, agar apa yang diinginkan lembaga pendidikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan sekarang ini oleh masyarakat, sehingga menghasilkan kepuasan antar keduanya. Karena tanpa dipasarkan atau dikomunikasikan, akan sia-sia dan ketinggalan yang berujung kematian lembaga pendidikan tersebut yang kalah dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya, yang lebih siap untuk bersaing serta bertindak cepat dalam mengambil hati dan menjadi sekolah rujukan masyarakat. Dalam obyek penelitian ini, peneliti memilih STIT Mumtaz Karimun. Peneliti memilih lembaga perguruan tinggi ini ialah karena STIT Mumtaz Karimun termasuk satu-satunya kampus Perguruan Tinggi Islam di Daerah kabupaten Karimun Kepulauan Riau sehingga menjadi salah satu rujukan untuk alumni-alumni SMA sederajat maupun guru yang belum S1 bisa kuliah disini dikarenakan juga masyarakat Karimun mayoritas orang Melayu yang notabene adalah penganut ajaran Agama Islam yang ta’at. Peneliti akan mendeskripsikan bagaimana bentuk Implementasi Strategi pemasaran jasa pendidikan Melalui Media Sosial, kendala-kendala dalam memasarkan, dan strategi pemasaran tahun depan melalui pengembangan Media Sosial yang berkembang di masyarakat yang akan digunakan oleh STIT Mumtaz Karimun. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan tujuan ingin menggambarkan mengenai bentuk pemasaran jasa pendidikan, kendala-kendala pemasarannya, dan Implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan Melalui Sosial di Era New Normal. Setelah melakukan analisa, peneliti menyimpulkan bahwa bentuk pemasaran jasa pendidikan Implementasi Strategi pemasaran jasa pendidikan Melalui Media Sosial dengan meningkatkan kualitas pelayanan, Promosi di media social dengan menggunakan iklan di Facebook dengan target pengunjung 10.000 orang, radio azam dengan jumlah pendengar mencapai kurang lebih 1.000 orang setiap bulannya, instagram, youtube, WhastApp melalui grup-grup yang di sekolah se-Karimun, Grup pengurus dan jamaah Masjid, grup komunitas Karimun Kampung Kite, dan grup-grup yang dimiliki oleh mahasiswa yang aktif. Hasilnya tercapai, sukses dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang mendaftar. Kendala-kendala yang dihadapi oleh STIT Mumtaz Karimun yaitu : Kurang banyaknya alat untuk promosi sehingga banyak masyarakat yang tidak tahu keberadaan kampus STIT Mumtaz Karimun, Kurangnya silaturahmi pengelola kepada tokoh masyarakat maupun yang punya jaringan yang banyak, dan Tidak adanya SDM yang ahli dibidang IT ketika proses Penerimaan Mahasiswa Baru berjalan. Kata kunci : Implementasi Strategi Pemasaran, Sosial Media, Era New Normal ABSTRACT The task of educational institutions is not only to carry out various meaningful efforts such as the use of information and communication technology, procurement of educational facilities and infrastructure, quality improvement, and others. But more than that, to make everything successful, it needs to be promoted and communicated to the wider community with professional and reliable marketing techniques and strategies, so that what educational institutions want is in accordance with what is currently needed by the community, resulting in satisfaction between the two. Because without being marketed or communicated, it will be in vain and be left behind which will lead to the death of the educational institution which is inferior to other educational institutions, which are more ready to compete and act quickly in taking hearts and becoming a community reference school. In the object of this research, the researcher chose STIT Mumtaz Karimun. Researchers chose this higher education institution because STIT Mumtaz Karimun is one of the only Islamic Higher Education campuses in the Karimun District, Riau Islands, so it becomes one of the references for high school alumni and teachers who have not been undergraduate can study here because the Karimun people are also the majority of people. Malays who in fact are devout followers of the Islamic religion. Researchers will describe how the implementation of educational services marketing strategies through social media, constraints in marketing, and marketing strategies for next year through developing social media in the community that will be used by STIT Mumtaz Karimun. The type of research used is descriptive qualitative research, with the aim of wanting to describe the form of marketing educational services, marketing constraints, and the implementation of social education service marketing strategies in the New Normal Era. After conducting the analysis, the researchers concluded that the form of educational service marketing was the implementation of educational services marketing strategies through social media by improving service quality, promotion on social media using ads on Facebook with a target audience of 10,000 people, azam radio with a listener of approximately 1,000 people each. month, Instagram, YouTube, WhastApp through groups in schools throughout Karimun, Mosque management and congregation groups, Karimun Kampung Kite community groups, and groups owned by active students. The result was achieved, success with the increasing number of students enrolling. The obstacles faced by STIT Mumtaz Karimun, namely: Lack of tools for promotion so that many people do not know the existence of the STIT Mumtaz Karimun campus, Lack of relationship between managers and community leaders or those who have many networks, and the absence of human resources who are experts in the IT field when New Student Admissions process is running. Keywords: Marketing Strategy Implementation, Social Media, New Normal Era

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

stitmumtaz

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Mumtaz ini diterbitkan oleh LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun. Nama Mumtaz dipilih menjadi nama jurnal ini berasal dari bahasa Arab yang salah satu arti maknanya adalah terbaik, dengan harapan civitas akademika STIT Mumtaz terilhami untuk meraih dan menjadi yang terbaik dalam ...