cover
Contact Name
Hikmatul Hidayah
Contact Email
hikmatulhidayah10@gmail.com
Phone
+6281277514775
Journal Mail Official
elmuhdan@gmail.com
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun
Location
Kab. karimun,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Mumtaz
ISSN : -     EISSN : 27749002     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Mumtaz ini diterbitkan oleh LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun. Nama Mumtaz dipilih menjadi nama jurnal ini berasal dari bahasa Arab yang salah satu arti maknanya adalah terbaik, dengan harapan civitas akademika STIT Mumtaz terilhami untuk meraih dan menjadi yang terbaik dalam proses Tri Darma Perguruan Tinggi terutama dalam ruang publikasi hasil karya ilmiah penelitian. Jurnal Mumtaz bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian tersebut dengan mencakup ruang lingkup kajian Keagamaan dan Pendidikan. Dan, jurnal Mumtaz ini hadir akan menjawab tantangan serta kebutuhan bagi para Dosen, Mahasiswa serta para akademisi lainnya untuk berkolabosari menghasilkan karya ilmiah yang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat secara umum dan secara khusus masyarakat Karimun.
Articles 42 Documents
MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MTs AR-RAUDHAH KARIMUN KEPULAUAN RIAU Nurul Ajima Ritonga; Ezlina
JURNAL MUMTAZ Vol. 1 No. 1 (2021): JANUARI 2021
Publisher : LP2M-STIT Mumtaz Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang optimal madrasah tidak lepas dari pengelolaan yang profesional, hal itu dapat terjadi apabila didukung oleh sumber dana yang memadai, karena pendidikan tanpa pembiayaan tidak akan berjalan. Pemberian dana Bos oleh pemerintah merupakan suatu program terobosan untuk membantu pembiayaan sekolah namun dalam proses pelaksanaannya hal tersebut mengalami banyak kendala seperti yang dialami oleh Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudhah seperti keterlambatan pencairan dana BOS, tentu hal ini dapat menghambat terhadap proses pembelajaran. Peneltian ini membahasa tentang manajemen pembiayaan di Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudhah yang mencakup perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembiayaaan. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif , adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian memverifikasi keabsahan data dengan cara triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembiayaan di MTs Ar-Raudhah melalui beberapa tahapan antara lain perencanaan pembiayaan dengan melakukan analisis kebutuhan madrasah selama satu tahun oleh komite yang dibentuk oleh kepala sekolah, kemudian pelaksanaan pembiayaan dilakukan dengan penggunaan biaya secara tepat sesuai dengan kebutuhan secara berkala, pengawasan pembiayaan dilakukan oleh pihak kemenag, evaluasi dilakukan dengan melaporkan rincian biaya yang dikeluarkan selama satu periode dengan melampirkan seluruh bukti transaksi.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA SISWA DI SDI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM BATAM Sumarno
JURNAL MUMTAZ Vol. 1 No. 1 (2021): JANUARI 2021
Publisher : LP2M-STIT Mumtaz Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Memasuki era kompetisi dalam pasar global, factor kualitas pelayanan merupakan hal yang mutlak diperlukan. Kondisi tersebut semakin mendorong pemerintah, khususnya dunia pendidikan termasuk pendidikan dasar untuk memberikan kualitas pelayanan maksimal. Pendidikan dasar sebagai suatu lembaga penyedia jasa pendidikan dituntut dapat memberikan pelayanan yang mampu menciptakan kepuasan maksimal kepada orang tua pengguna jasanya, yang pada gilirannya akan mampu mendorong kemajuan pendidikan dasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan orang tua siswa di SDI Integral Luqman Al Hakim Batam. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yakni orang tua siswa kelas V dan kelas VI sebanyak 155 orang. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS16 for Windows. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: variabel kualitas pelayanan pendidikan di SDI Integral Luqman Al Hakim berpengaruh signifikan terhadap kepuasan orang tua siswa
TEORI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Hikmatul Hidayah; Muhammad Vriyatna; Azizul Mak’ris
JURNAL MUMTAZ Vol. 1 No. 1 (2021): JANUARI 2021
Publisher : LP2M-STIT Mumtaz Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui Teori-Teori yang mengatakan tentang Manajemen Pendidikan Islam berdasarkan Ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi Saw, dalam tulisan ini di kaji teori manajemen pendidikan islam. Karena kita ketahui sulitnya untuk mencari buku atau referensi yang membahas tentang manajemen pendidikan islam, maka dalam tulisan ini di bahas tentang Teori-Teori Manajemen Pendidikan Islam.
KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI SEKOLAH INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM HIDAYATULLAH SURABAYA Muhammad Vriyatna
JURNAL MUMTAZ Vol. 1 No. 1 (2021): JANUARI 2021
Publisher : LP2M-STIT Mumtaz Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persaingan di lembaga pendidikan pada saat ini sangatlah ketat dan berat. Tidak hanya sekolah negeri sekarang pun semakin banyaknya bermunculan sekolah-sekolah swasta yang menjadi pesaing dalam merekrut siswa baru. Dalam merekrut siswa baru Sekolah Integral Luqman Al-Hakim Hidayatullah Surabaya mengalami naik turun dalam pencapaian target. Terutama untuk unit SMP Putri dan SMP-SMA Fullday yang masih belum pernah mencapai target dari yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Meskipun tim promosi sekolah sudah melaksanakan semua strategi promosi sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu peneliti ingin mengetahui tentang Komunikasi Pemasaran Dalam Penerimaan Siswa Baru yang dilakukan oleh Sekolah Integral Luqman Al-Hakim Hidayatullah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif, dan menggunakan wawancara mendalam kepada Ketua Penerimaan Siswa Baru dan tim promosi yang dipimpinnya. Informan terdiri dari Kabid Akademik, Kepala Humas, Kepala Sekolah TK Yaa Bunayya I, Kepala Sekolah SD, Kepala Sekolah SMP, Kepala Sekolah SMA, dan Ketua STAI Luqman Al-Hakim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan siswa baru yang mendaftar 60% dari promosi internal dan 40% dari promosi external. Promosi internal yaitu dengan menggunakan word of mouth komite sekolah, orang tua siswa itu sendiri, dan menggunakan bantuan dari wali kelas dengan program forum kelas. Sedangkan external yaitu dengan penyebaran brosur, spanduk, baliho, iklan di koran, majalah SAHID, buletin BMH, buletin Luqman Hakim, Kalender, dan media sosial lainnya. Berdasarkan penelitian tersebut maka perlu meningkatkan kualitas tim promosi dalam bidang komunikasi pemasaran dalam merekrut siswa baru dan kualitas produk yang dipromosikan sehingga lembaga pendidikan ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat baik yang ada di Surabaya maupun di luar Surabaya. Selain itu disarankan agar melakukan terlebih dahulu evaluasi kinerja selama satu tahun dalam kegiatan komunikasi pemasaran sekolah sebelum melakukan kegiatan promosi tahun depan dan yang kedua tim promosi lebih solid lagi dalam melakukan promosi sekolah.
HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMPI INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM 02 BATAM Sumarno; Hikmatul Hidayah; Faisal Amri
JURNAL MUMTAZ Vol. 1 No. 1 (2021): JANUARI 2021
Publisher : LP2M-STIT Mumtaz Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru di SMPI Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan menurut metodenyamerupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMPI Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam. Penelitian initermasuk penelitian populasi dengan responden sebanyak 30 guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan positif dan signifikan supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru di SMPI Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,324, nilai terhitung sebesar 1,002, dan nilai signifikansi 0,000.
MANAJEMEN KELAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERVARIASI DI TK YAA BUNAYYA 01 HIDAYATULLAH KARIMUN Hikmatul Hidayah; Zulaekah; Rofiah Adawiyah
JURNAL MUMTAZ Vol. 1 No. 1 (2021): JANUARI 2021
Publisher : LP2M-STIT Mumtaz Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui tentang manajemen pengelolaan dalam pelaksanaan model pembelajaran bervariasi di TK YAA Bunayya 01 Hidayatullah Karimun. Adapun yang melatarbelakangi penulis mengambil penelitian di TK YAA Bunayya 01 Hidayatullah Karimun karena TK tersebut kategori siswnya sudah sangat banyak dan Kelompok belajar nya juga banyak serta Ruang kelas yang cukup luas untuk pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Manajemen kelas dengan pelaksanaan model pembelajaran bervariasi para guru TK YAA Bunayya mampu melihat situasi dan kondisi yang ada di Sekolah untuk melaksanakan model pembelajaran yang menarik.
URGENSI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENYIAPKAN PEMIMPIN BANGSA BERKUALITAS DAN BERMORAL Muthma’innah
JURNAL MUMTAZ Vol. 1 No. 1 (2021): JANUARI 2021
Publisher : LP2M-STIT Mumtaz Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dahulunya masyarakat menilai pendidikan pesantren sebagai lembaga pendidikan pilihan kedua. Akan tetapi, profil santri saat ini sangat berpengaruh dalam berbagai bidang kepemimpinan. Yang dapat membuktikan bahwa pendidikan pesantren berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Masyarakat mulai percaya bahwa pesantren ialah lembaga pendidikan yang utama dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualias, bermoral, dan memiliki spiritual tinggi. Tulisan ini termasuk penelitian library research. Hasil dari tulisan ini yaitu urgensi pendidikan pesantren dalam menyiapkan pemimpin bangsa yang berkualitas dan bermoral dapat dilihat dari pendidikan pesantren yang memiliki khazanah intelektual dan spiritual Islam klasik dipadukan dengan kemampuan IPTEK modern, sehingga mampu mencetak calon-calon pemimpin yang berkualitas dan bermoral.
METODE PENDIDIKAN AKHLAK MAHASISWA Zenal Satiawan; Muhammad Sidik
JURNAL MUMTAZ Vol. 1 No. 1 (2021): JANUARI 2021
Publisher : LP2M-STIT Mumtaz Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam Islam dan bagaimana metode pendidikan akhlak tehadap mahasiswa. Metode penelitian dalam jurnal ini menggunakan metode studi riset kepustakaan (library research), Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis), yakni berupa deskriptif-Analitik dengan sumber utama literatur tentang akhlak. Adapun sumber sekunder terdiri dari artikel, jurnal, dan buku-buku lain yang berkaitan dengan topik pendidikan Akhlak. Hasil penelitiannya bahwa akhlak merupakan suatu keniscayaan, yang diartikan sebagai sifat dan karakter yang ada dalam jiwa yang mendorongnya dalam melakukan suatu perbuatan tanpa dibarengi dengan pertimbangan dan pemikiran. Kerusakan yang menimpa suatu bangsa disebabkan tak mempunyai perhatian terhadap nilai-nilai akhlak dalam kehidupan. Diantara yang perlu diberikan perhatian dalam pendidikan akhlak adalah mahasiswa yang merupakan calon penerus umat, pengganti generasi – generasi di masa mendatang, yang dituntut untuk menggabungkan kemampuan intelektual, spiritual dan akhlak. Jika mahasiswa tak mampu membangun akhlak, maka bagaimana mungkin bisa membangun bangsa. Selain itu mahasiswa juga berperan sebagai agen perubahan yang ada di masyarakat, sehingga dituntut mengaplikasikan ilmu – ilmu tersebut di masyarakat agar kehidupan lebih maju.Dan untuk memaksiamalkan pendidikan akhlak terhadap mahasiswa, diperlukan metode – metode, diantaranya : keteladanan, kisah, pembiasaan, perumpamaan, nasehat dan hukuman.
STRATEGI PELATIHAN MUHADHARAH DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI PUTRA PONDOK PESANTREN AL-QUR'AN HIDAYATULLAH KARIMUN KEPULAUAN RIAU Muhammad Vriyatna
JURNAL MUMTAZ Vol. 1 No. 2 (2021): JULI 2021
Publisher : LP2M-STIT Mumtaz Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelatihan muhadharah di Pondok Pesantren Al-Qur’an Hidayatullah Karimun Kepulauan Riau tahun 2021, bagaimanakah strategi pelatihan muhadharah dalam meningkatkan kepercayaan diri santri putra Pondok Pesantren Al-Qur’an Hidayatullah Karimun Kepulauan Riau tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara induktif, yaitu berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus, kemudian dianalisis dan akhirnya ditemukan pemecahan persoalan yang bersifat umum. Pelaksanaan Muhadharah bersifat wajib bagi seluruh santri, dilaksanakan rutin setiap kamis malam pukul 20.30 - 22.30 secara berkelompok. Proses pelaksanaan dimulai dari pembuatan teks, menghafalkan, menyetorkan dan menyampaikan pidato. Adapun susunan acara: pembukaan pembacaan Al-Qur’an, acara inti, intisari, penutup dan Do’a. peraturan dalam pelatihan ini meliputi peraturan sebelum dan saat palaksanaan.dalam pelatihan ini terdapat hukuman (berdiri,push up,berlari). Kendala yang dihadapi saat muhadharah, segi santri (waktu, sarana prasana,) dan dari segi pengurus (ketidaktertiban santri). Faktor pendukung dalam pelatihan ini adalah faktok internal (minat, motivasi) dan eksternal (lingkungan). Dengan penelitian ini dengan adanya pelatihan muhadharah dapat menguatkan mental dan rasa kepercayaan diri dalam berpidato. Santri yang pada awalnya belum percaya diri ketika berbicara di depan umum, kini dengan adanya pelatihan muhadharah yang rutin mentalnya sudah terlatih sehingga santri bisa berpidato dan menyampaikan yang sudah dimiliki kepada masyarakat luar pesantren. Bisa di simpulkan bahwa strategi pelatihan muhadharah yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Hidayatullah Karimun Kepulauan Riau adalah dengan menggunakan strategi menghafal, dengan strategi ini para santri dapat memahami teks pidato yang membuat mereka lebih percaya diri. Keyword: Strategi,Muhadharah, Kepercayaan Diri Abstract This research aims to find out muhadharah training strategy in Pondok Pesantren Al-Qur’an Hidayatullah Karimun Riau Islands in 2021, how is muhadharah training strategy in increasing the confidence of students of Pondok Pesantren Al-Qur’an Hidayatullah Karimun Riau Islands in 2021 This type of research is field research that is descriptive qualitative. Data collection techniques are carried out by triangulatioan, namely interviews, observations, and documentation and then the collected data is analyzed using inductive data analysis techniques, which are base on facts of a special nature, then analyzed and finaly found a general problem solving. The implementation of muhadharah is mandatory for all students, held regularly every Thursday night at 20.30 – 22.30 in groups. The implementation process stars from making text, memorizing, depositing and delivering speeches. The arrangement of the event: the opening of the recitation of the Qur’an, the core event, the essence, the closing and the Do’a. the rules in this training include rules before and during implementation in this training there are penalties (standing, push up, running). Obstacles faced when muhadharah, in terms of santri (time, facilities prasarana,) and in terms of management (untiban santri). Supporting factors in this traning are internal (interest, motivation) and external (environmental) factors. With this research with muhadharah training can strengthen mental and confidence in speech. Students who were not confident at first when speaking in public, now with the training muhadharah mental routine has been trained so that students can give speeches and convery what has been owned to the community outside pesantren. It can be concluded that the muhadharah training strategy used in Pondok Pesantren Al-Qur’an Hidayatullah Karimun Riau Islands is to use memorization strategy, with this strategy the students can understand the text of the speech that makes them more confident. Keyword: Strategy, Muhadharah, Confidence
HUBUNGAN ANTARA TUNJANGAN PROFESI GURU DENGAN PROFESIONALISME GURU DI YAYSAN PONDOK PESANTREN AR-RAUDHAH KARIMUN Hikmatul Hidayah; Zulaekah Zulaekah; Enik Nur Faizah Enik Nur Faizah
JURNAL MUMTAZ Vol. 1 No. 2 (2021): JULI 2021
Publisher : LP2M-STIT Mumtaz Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : hubungan antara tunjangan profesi Guru dengan profesionalisme Guru di Yayasan Pondok Pesantren Ar-Raudhah Karimun, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Pondok Pesantren Ar-Raudhah Karimun. Yayasan Pondok Pesantren Ar-Raudhah Karimun terdiri dari Lembaga Pendidikan TK Ar-Raudhah Karimun, SD Ar-Raudhah Karimun, MTS Ar-Raudhah Krimun, MA Ar-Raudhah Karimun. Populasi berjumlah 81orang dan sampel penelitian berjumlah 72 orang. Hasil penelitian menunjukkan ; terdapat hubungan positif dan signifikan antara tunjangan profesi guru dengan profesionalisme guru dimana nilai koefisien korelasinya yaitu 0,439.