International Research on Big-data and Computer Technology (IRobot)
Vol 3 (2019): September 2019

APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK BALITA

Untoro Apsiswanto (STMIK Dharma Wacana)
Usep Saprudin (STMIK Dharma Wacana)
Abi Febriyanto (STMIK Dharma Wacana)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2019

Abstract

Usia balita merupakan masa menerapkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral dan nilai-nilai agama. Upaya pengembangan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan bermain seraya belajar. Alternatif media tersebut diantaranya yaitu Game edukasi pada smartphone atau tablet dengan sistem operasi Android. Game edukasi merupakan bentuk permainan yang dirancang sebagai sarana untuk memberikan suatu pendidikan atau pembelajaran kepada pemainnya. Metode pengembangan aplikasi perangkat lunak yang digunakan pada penelitian ini adalah Rapid Application Development (RAD) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Requirements Planning Phase, User Design Phase, Construction Phase dan Cotuver Phase. Game edukasi ini memiliki 3 menu yaitu belajar, bermain dan info aplikasi, dimana setiap menu memiliki beberapa submenu

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ir

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ini Berfokus pada bidang kelimuan komputer di antaranya: 1. Artificial Intelligence 2. Networking Computer 3. Database Systems 4. Multimedia 5. Information Systems 6. System ...