Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD
Vol 1, No 2 (2018): J-SISKO TECH EDISI JULI

Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemberian Surat Izin Gangguan (HO) Industri Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Deli Serdang Dengan menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP)

Ahmad Fitri Boy (STMIK Triguna Dharma)
Ismawardi Santoso (STMIK Triguna Dharma)
Ita Mariami (STMIK Triguna Dharma)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2018

Abstract

Izin gangguan (HO) industri adalah izin tempat usaha yang diberikan kepada orang pribadi atau badan di lokasi tertentu yang dapat menimbulkan bahaya kerugian dan gangguan yang termasuk golongan perusahaan industri. Pada dasarnya perusahaan industri wajib memiliki izin gangguan didasarkan atas Peraturan Daerah Kabupaten Deli Serdang No. 6 Tahun 2011 tentang izin gangguan, yang menyatakan setiap orang pribadi atau badan yang menyelenggarakan atau melakukan kegiatan usaha dan atau memilki tempat usaha wajib memilki Izin Gangguan dari Bupati. Berdasar Peraturan Pemerintah tersebut, diperlukan sebuah sistem yang dapat memudahkan dalam pengambilan keputusan dalam pemberian surat izin gangguan industri. Multi factor Evaluation Process (MFEP) merupakan metode yang dapat digunakan untuk masalah berbasis multi kriteria. Dalam penelitian Metode ini dapat memberikan solusi untuk memutuskan pemberian surat izin gangguan (HO) industri pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Deli Serdang sehingga tidak ada kesalahan di dalam peruntukannya. Hasil yang diharapkan dari penelitian adalah terciptanya suatu perangkat lunak yang dapat memberikan solusi secara efektif dan efisien di dalam menyelesaikan permasalahan diatas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jsk

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Bioinformatics/Biomedical Applications Biometrical Application Computer Network and Architecture Computer Vision Content-Based Multimedia Retrievals Information System Data analysis Fuzzy Logic Genetic Algorithm High Performance Computing Image Processing Information Retrieval Information Security ...