Jurnal Naratas
Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Naratas

Aplikasi Metode Catung UT (Ular Tangga) Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menghitung Berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun

Siti Aliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2020

Abstract

Membaca dan berhitung bagi anak usia dini merupakan aspek perkembangan yang harus dikembangan. Tetapi sangat disayangkan pengembangan membaca anak usia dini yang berkembang saat ini identik dengan pemaksaan yang tidak sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Hal ini disebabkan karena  ketakutan para orang tua terhadap kemampuan baca anak yang merupakan persyaratan untuk memasuki sekolah tingkat dasar. Dengan demikian perlu studi tentang metode catung UT (ular tangga) agar ditemukan alasan kuat bahwa dengan metode tersebut dapat membantu anak usia dini untuk membaca dan berhitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Participatory Action Research (PAR) melalui pendekatan Kualitatif Deskriptif Analisis, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan; analisis dokumentasi, observasi, wawancara, dan angket. Adapun populasinya adalah lembaga pendidikan anak usia dini.Kata kunci: Metode; PAUD

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JN

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

NARATAS merupakan media publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh STAI Al-Musaddadiyah Garut dalam kajian maupun hasil penelitian dalam bentuk artikel lingkup studi ...