Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan
Vol 3 No 2 (2019): Edutrained, Jurnal Pendidikan dan Pelatihan

Optimalisasi Layanan Perpustakaan untuk Peningkatan Motivasi Minat Baca di MtsN Kaliangkrek Kabupaten Magelang

Nursangadah Nursangadah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan ptimalisasi perpustakaan di MTs.N Kali angkrek Magelang (2) mendiskripsikan peningkatan motivasi minat baca siswa di MTs.N Kaliangkrek Magelang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil dapat disimpulkan bahwa, (1) Optimalisasi layanan perpustakaan MTs.N Kaliangkrek Kab.Magelang ialah melakukan berbagai pengoptimalan perpustakaan yaitu dari segi pengelolaan perpustakaan diantaranya suasana ruang perpustakaan (ruang tempat/ruang baca yang luas, penataan rak buku yang rapi dan penambahan hiasan dinding), petugas perpustakaan yang profesional, pengadaan/penambahan koleksi buku/bahan pustaka, pelayanan sirkulasi dan tata tertib perpustakaan MTs.N Kaliangkrek Kab.Magelang. (2) Motivasi minat baca siswa di MTs.N Kaliangkrek Kab. Magelang, disamping menggunakan perpustakaan untuk menyalurkan minat dan kegemaran membaca, terdapat juga kegiatan pembelajarn disekolah yang berkaitan erat dengan motivasi minat baca siswa yaitu: penetapan kebijakan pengembangan program peningkatan motivasi minat baca dan penyediaan fasilitas

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Ed

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Jurnal EduTRAINED diterbitkan secara periodik dalam scope pembahasan tentang 1) Pendidikan dan Pelatihan bagi tenaga teknis dan administratif kependidikan seperti guru, tenaga kependidikan, laboran, kepala madrasah, pengawas, dosen, widyaiswara dan peneliti yang melingkupi topik pendekatan, model, ...