TARBIYATUNA
Vol 9 No 2 (2016): AGUSTUS

Pendidikan Entrepreneurship dalam Pespektif Global

Mohammad Darwis (Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

Tulisan ini mencoba mengulas tentang pendidikan entrepreneurship dari sudut pandang globalisasi. Entrepreneurship oleh banyak pakar diasumsikan menjadi salah satu tonggak penentu progresifitas dinamika pembangunan suatu bangsa. Dalam konteks Indonesia munculnya ketidak seimbangan antara potensi yang dimiliki dengan kesejahteraan yang diwujudkan ditengarahi oleh banyak pihak disebabkan oleh minimnya entrepreneur yang ada. Untuk itu pendidikan yang memiliki peran penting dalam menggali dan mengembangkan segala potensi fisik, psikis, bakat, minat, keterampilan dan potensi lainnya perlu diarahkan dan disinergikan dengan wacana kebutuhan entrepreneur di negeri ini. Berangkat dari diskursus tersebut tulisan ini mencoba mengulas tentang pendidikan entrepreneurship dalam perspektif global dengan didahului penjabaran terkait teori tentang pendidikan entrepreneurship dan globalisasi. Selanjutnya paparan substantif tentang pendidikan entrepreneurship diulas berangkat dari pandangan UNESCO tentang empat pilar pendidikan yaitu; learning to know atau learning ti think, learning to do, learning to be, dan learning to life together.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

tarbiyatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbiyatuna adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel tentang pendidikan Islam, pendidikan Agama Islam dan bahkan manajemen Pendidikan Islam. Dimaksudkan sebagai wahana pemikiran kritis dan terbuka bagi semua kalangan baik akademisi, agamawan, intelektual, mahasiswa dengan spesifikasi kajian ...