MUDRA Jurnal Seni Budaya
Vol 35 No 1 (2020): Februari

Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Rajapala

Ni Nyoman Karmini (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP Saraswati)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pendidikan karakter dalam cerita rakyat Rajapala. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dengan teknik catat. Data dianalisis dengan metode hermeneutika dan verstehen. Hasil penelitiannya, pendidikan karakter yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional terkandung dalam cerita rakyat Rajapala. Dari penelitian ini diperoleh dua temuan. Pertama, memiliki karakter yang baik akan dijadikan panutan dan dihargai oleh orang lain. Kedua, generasi muda yang mandiri, disiplin, kerja keras, kreatif, tanggung jawab serta arif bijaksana tentu mencapai prestasi puncak, dihargai dan dihormati oleh orang lain (seperti tokoh Durma dalam cerita). Hasil penelitian disajikan secara deskriptif dengan teknik induktif-deduktif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mudra

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

AIMS The journal presents as a medium to share knowledge and understanding art, culture, and design in the area of regional, national, and international levels. In accordance with the meaning of the word “Mudra”, which is a spiritual gesture and energy indicator, it is hoped that the journal ...