MUDRA Jurnal Seni Budaya
Vol 35 No 3 (2020): September

Pengaruh Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa SMP Negeri 1 Kota Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019

Wayan Paramartha (Program Pascasarjana, Universitas Hindu Indonesia Denpasar)
Ni Putu Suwardani (Program Pascasarjana Universitas Hindu Indonesia Denpasar)
Ni Luh Suryaningsih (Program Pascasarjana, Universitas Hindu Indonesia Denpasar)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2020

Abstract

Dalam pendidikan formal, tahapan awal untuk memulai jenjang pendidikan dilakukan melalui penerimaan peserta didik baru. Penerimaan pesertadidik baru adalah proses seleksi yang akan menentukan siswa yang diterima di suatu sekolah. Proses ini diharapkan dapat berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga bisa mendorong peningkatan akses layanan dan pemerataan pendidikan melalui sistem zonasi, terlepas dari kemampuan kognitif ataupun ekonomi yang rendah. Dalam pelaksanaan di lapangan, penerapan sistem zonasi ini mendapati berbagai persoalan diantaranya adanya kondisi peserta didik yang diterima melalui sistem zonasi memiliki kemampuan kognitif dalam prestasi belajar yang cukup rendah dibandingkan peserta didik yang diterima melalui jalur prestasi. Selama ini SMPN 1 Kota Denpasar dikenal sebagai salahsatu sekolah favorit yang menerima siswa baru berdasarkan nilai hasil ujian sekolah, prestasi akademik dan non akademik, serta tes tertulis. Makapara guru terbiasa menghadapi siswa dengan kemampuan kognitif dalam prestasi belajar yang cukup baik sehingga para guru mengalami kesulitan ketika menghadapi siswa dengan prestasi belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh sistem zonasi penerimaan peserta didik baru terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kota Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi 285 dengan penentuan jumlah sampel Krejcie dan Morgan taraf kepercayaan 95% berjumlah 158 responden. Pengumpulan data dengan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase, statistik korelasional, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang negatif dan signifikan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru terhadapprestasi belajar peserta didik kelas VII SMPN Negeri 1 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Terbukti hasil perhitungan analisis statistik korelasidiperoleh rxy = 0,030 dengan rtabel = 0,159, maka rxy < rtabel. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana, diperoleh a = 81,268 dan b= -0,043, jadi Ŷ = 81,268 -0,043X. Uji-t diperoleh thitung =-0,369, dengan ttabel =1,684. Karena nilai -thitung < -ttabel, maka dapatdisimpulkan bahwa variabel X memiliki pengaruh negatif terhadap variabel Y. Pada out put uji signifikansi dan linearitas persamaan regresi diatas ternyata diperoleh nilai Sig. sebesar 0,713 lebih besar dari 0,05 sehingga tidak signifikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mudra

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

AIMS The journal presents as a medium to share knowledge and understanding art, culture, and design in the area of regional, national, and international levels. In accordance with the meaning of the word “Mudra”, which is a spiritual gesture and energy indicator, it is hoped that the journal ...