E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 10, No 1 (2019): E-DIMAS

Pelatihan Pengembangan Web Profil Desa bagi Aparatur Pemerintah Desa

Halim Budi Santoso (Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta)
Rosa Delima (Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta)
Argo Wibowo (Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2019

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi menjadi salah satu punggung bagi penyebaran informasi ke masyarakat luas. Penggunaan Teknologi Informasi ini juga telah dilakukan oleh masyarakat perdesaan untuk mempublikasikan potensi desa yang dimiliki melalui penggunaan Website profil desa. Potensi yang dimiliki oleh desa ini sangat unik dan beragam. Penggunaan website profil desa juga membantu untuk menyebarluaskan kepada masyarakat di luar desa tersebut. Akan tetapi, salah satu kendala yang dihadapi oleh masing-masing desa dalam pengembangan website profil desa adalah kemampuan aparatur desa untuk mengembangkan website profil. Keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh aparatur desa mendorong tim pengabdi untuk melatih aparatur bagi 3 desa, yaitu Desa Mukiran, Desa Rogomulyo, dan Desa Kaliwungu. Ketiga desa ini berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan pelatihan ini dilakukan selama 3 hari yang dimulai pada Senin, 4 Juni 2018 dan berakhir pada Rabu, 6 Juni 2018. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Perpustakaan Desa Mukiran, Ngudi Ilmu. Masing-masing desa mengirimkan 3 aparaturnya untuk dapat mengikuti kegiatan ini. Pengukuran yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah dengan menggunakan pretest dan posttest untuk masing-masing materi yang disampaikan. Terdapat 2 pokok bahasan utama dalam kegiatan pelatihan ini, yaitu arsitektur informasi website dan pengembangan website profil dengan Wordpress. Hasil lain yang di dapat dari pelatihan ini adalah draft website profile bagi masing-masing desa dan sudah di hosting secara online.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...