cover
Contact Name
Rasiman
Contact Email
edimasupgris@gmail.com
Phone
+6224-8451279
Journal Mail Official
edimasupgris@gmail.com
Editorial Address
LPPM Universitas PGRI Semarang, Jl. Sidodadi Timur No. 24 Semarang Demikian permohonan ini, atas perhatian dan bantuannya kami sampaikan terimakasih.
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : 20873565     EISSN : 25285041     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi pelatihan, pemasaran, keamanan pangan lokal, Teknologi Tepat Guna (TTG), desain, pemberdayaan masyarakat, akses sosial, daerah perbatasan, daerah kurang berkembang, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Pengabdian kepada masyarakat berisi berbagai kegiatan penanganan dan pengelolaan berbagai potensi, kendala, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pengabdian juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Kegiatan pengabdian tersebut disusun dalam suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide yang telah dicapai di bidang pengabdian kepada masyarakat. Jurnal E-Dimas menerbitkan jurnal dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan September. Kontributor dalam jurnal ini merupakan staf pengajar Universitas PGRI Semarang dan perguruan tinggi-perguruan tinggi lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 749 Documents
IbM MGMP GURU TEKNIK MESIN Carsoni Carsoni; Slamet Supriyadi; Yuris Setyoadi; Gostsa Khusnun Naufal; Agus Mukhtar; Nur Aksin
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 7, No 2 (2016): E-DIMAS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/e-dimas.v7i2.1130

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan beberapa tahapan  pendekatan. Tahap paling awal adalah pendekatan terhadap Mitra 1 dimana  kelompok ini adalah sebuah Lembaga Pendidikan yaitu SMK Nurul Barqi di desa Cepoko kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan Program Studi Mekatronika. Mitra 2 adalah CV. RETRO KREASI MACHINERY yang beralamat di Jl. Waru Timur I RT 007/RW 01 Griya Waru Permai No. 11 Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Tahap berikutnya adalah Team Pengabdian Kepada Masyarakat Teknik Mesin Universitas PGRI Semarang meninjau ke lokasi Mitra 1 untuk menggali lebih dalam permasalahan yang ada dan solusi pemecahannya. Akhirnya dicapai kesepakatan bahwa untuk Mitra 1 perlu pelatihan dalam perawatan serta opresional mesin CNC. Karena CV. RETRO KREASI MACHINERY memproduksi mesin CNC, maka dipandang perlu untuk  digandeng sebagai mitra 2. Dari kegiatan dihasilkan bahwa kegiatan pelatihan mesin CNC sangat bermanfaat sekali. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari (persiapan dan pelaksanaan) dengan jumlah total 30 peserta.Secara keseluruhan pelatihan dikatakan sukses dengan indikator bahwa ketrampilan dalam mengoperasikan dan memelihara mesin CNC dari peserta bertambah. Kata kunci: Pelatihan Mesin CNC, Guru teknik mesin  
Pembinaan Pola Pikir Komputasi dan Informatika pada Siswa Sekolah Dasar Sukmawati Nur Endah; Eko Adi Sarwoko; Nurdin Bahtiar; Adi Wibowo; Kabul Kurniawan
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 11, No 1 (2020): E-DIMAS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/e-dimas.v11i1.2317

Abstract

Bebras adalah sebuah inisiatif internasional yang tujuannya adalah untuk mempromosikan Computational Thinking (Berpikir dengan landasan Komputasi atau Informatika), di kalangan guru dan murid mulai kelas 3 SD, serta untuk masyarakat luas. Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). Tantangan bebras menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional. Cara untuk mempromosikan computational thinking adalah dengan menyelenggarakan kegiatan kompetisi secara daring (on line), yang disebut sebagai "Tantangan Bebras" (Bebras Challenge). Tantangan Bebras bukan hanya sekedar untuk menang. Selain untuk berlomba, tantangan Bebras juga bertujuan agar siswa belajar Computational Thinking selama maupun setelah lomba. Pengabdian ini berupaya untuk mensosialisasikan dan melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah mengenai bebras task sehingga harapannya siswanya mampu bersaing untuk ikut dalam Bebras Challenge Indonesia di tahun mendatang. Kegiatan ini meliputi pre test, pembahasan dan post-test terkait soal-soal Bebras (Bebras Task). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata pemahaman pola pikir komputasi dan informatika pada SD Ummul Quro’ sebesar 13,74% untuk siswa kelas IV dan V serta sebesar 10% untuk siswa kelas III.
SOSIALISASI CALON INSTRUKTUR POS PAUD DI KELURAHAN SAMPANGAN KECAMATAN GAJAH MUNGKUR SEMARANG Munawir IKIP PGRI Semarang; Soegeng Partono; Rivanna Citraning R; Eko Retno M; Dias Andris Susanto
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2011): E-DIMAS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/e-dimas.v2i1.86

Abstract

Abstract ?é?á Nowadays PAUD/ pre-school education is really important and urgent to be conducted in any villages or kampongs. Sampangan village Gajah Mungkur Semarang is one the villages that needs to be explored and held by the team of community service. Implementing PAUD is actually already arranged in UU no. 20/ 2003. By that rule, the team try to give some programs such as; socialization and training about what is PAUD, how to be PAUD instructors, how to teach children well. The training was held for 2 days started on 4-5 December 2010 at 08.00 am ?óÔé¼ÔÇ£ 04.00 pm, located in?é?á Sampangan Village the office hall, Gajahmungkur Semarang. ?é?áThe main purpose of this program is holding and socializing PAUD in that village in order to have more skills for the instructors in teaching children more interesting. Team used some methods in this training such as giving speech, discussion, simulation, and practice. By having those methods, it is hoped that the candidates of PAUD teachers will understand and comprehend about the materials dealing with what is PAUD and how to teach children more effective and interesting. ?é?á Key words: PAUD, socialization, instructor ?é?á
PKM Peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis di Klinik dr. Nurdin Wahid, Cibinong Nurfitri Bustamam; Sri Wahyuningsih
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 12, No 2 (2021): E-DIMAS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/e-dimas.v12i2.5178

Abstract

Selama dua tahun di Klinik dr. Nurdin Wahid, Cibinong telah dilakukan kegiatan program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) berupa olahraga, pemantauan kesehatan, dan penyuluhan. Namun kegiatan Prolanis khususnya penyuluhan belum dilakukan secara rutin. Peserta juga seringkali absen dalam kegiatan tersebut. Padahal penyuluhan adalah kegiatan penting untuk meningkatkan pengetahuan dan memotivasi peserta untuk melakukan perubahan perilaku yang penting untuk tatalaksana penyakit. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan kepada peserta BPJS Kesehatan yang menyandang penyakit kronis (hipertensi dan DM) yang terdaftar di Klinik dr. Nurdin Wahid, Cibinong dengan tujuan memotivasi peserta untuk hidup sehat sehingga penyakitnya terkontrol. Dengan demikian komplikasi penyakit dapat dicegah. Metode yang dilakukan adalah memberikan penyuluhan secara rutin kepada peserta tentang sejumlah hal terkait hipertensi dan DM. Peserta juga diberi leaflet yang berisi ringkasan materi penyuluhan sehingga informasi tersebut dapat disampaikan kepada keluarga yang juga berperan penting dalam tatalaksana penyakit. Hasil PKM ini adalah lebih banyak peserta yang tekanan darah dan kadar gula darahnya terkontrol setelah delapan minggu. Peserta juga merasakan sejumlah manfaat lain dengan aktif mengikuti PKM dalam kegiatan Prolanis ini. Direkomendasikan kepada pengelola Klinik dr. Nurdin Wahid agar dapat terus melaksanakan kegiatan Prolanis ini secara rutin.
PEMBUATAN MEDIA GLENN DOMAN SEBAGAI UPAYA PENGAJARAN MEMBACA DAN MEMPERKAYA KOSA KATA BAHASA JAWA KRAMA KEPADA ANAK SECARA MANDIRI DI RUMAH Agung Prasetyo; Fitri Yulianti; Nurul Octavia Isgaminda; Kenfitria Diah Wijayanti
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 2 (2012): E-DIMAS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/e-dimas.v3i2.1552

Abstract

PEMBUATAN MEDIA GLENN DOMAN SEBAGAI UPAYA PENGAJARAN MEMBACA DAN MEMPERKAYA KOSA KATA BAHASA JAWA KRAMA KEPADA ANAK SECARA MANDIRI DI RUMAH
Aplikasi Program Akuntansi pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Akuntansi Kabupaten Ponorogo Elana Era Yusdita; Elly Astuti
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 11, No 2 (2020): E-DIMAS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/e-dimas.v11i2.3377

Abstract

Pengenalan software akuntansi terkini yaitu accurate online dan accurate versi 5 sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi kejuruan di sekolah menengah kejuruan (SMK). Untuk itu, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Akuntansi Kabupaten Ponorogo memberikan pelatihan penggunaan aplikasi accurate. Pelatihan ini dilaksanakan karena adanya wacana perubahan uji kompetensi siswa SMK jurusan akuntansi yang semula menggunakan MYOB ke Accurate. Pengabdian ini bertujuan untuk transfer ilmu tentang accurate online dan pengenalan accurate versi 5 dari dosen Universitas PGRI Madiun yang sudah tersertifikasi CPA (Certified Accurate Professional) kepada guru akuntansi dan siswa terpilih di wilayah Ponorogo. Materi pelatihan meliputi pengenalan fitur, pengerjaan soal studi kasus perusahaan sampai dengan menghasilkan laporan keuangan. Pengenalan accurate versi 5 dilakukan secara singkat dan pemberian uji coba software edisi pembelajaran. Berdasarkan pengamatan instruktur, siswa cenderung lebih cepat menguasai teknik pengoperasian program daripada guru walaupun guru lebih menguasai dasar akuntansi yang digunakan sebagai patokan penjurnalan di accurate.
ONLINE CLASSROOM DENGAN PEMANFAATAN K12LESSONPLANS BAGI GURU-GURU SMP. H. ISRIATI SEMARANG Sri Wahyuni; Laily Nur Affini; Th. Cicik Sophia B
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2013): E-DIMAS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/e-dimas.v4i1.431

Abstract

This society service is carried out using a free teacher website;www.k12lessonplans.com, in a form of training for teachers at SMP. H.Isriati Semarang. There are 15 teachers joining this training, which is heldon 14 ?óÔé¼ÔÇ£ 16 July, 2012, starting from 09:00 am - 02:00 pm. This trainingtakes place in the Computer Laboratory group and individual audience isconducted consecutively from 17 ?óÔé¼ÔÇ£ 21 July, 2012 and 23 ?óÔé¼ÔÇ£ 26 July startingfrom 02:00 ?óÔé¼ÔÇ£ 04:00 pm in the teachers?óÔé¼Ôäó longue at the school. This programis aimed to give the teachers knowledge and training, to implement onlineclassroom using the website. The methods used in this program are;explanation, question and answer, training and group guidance.Key words: online classroom, teacher website, k12lessonplans
Penggunaan Self-Study Book Terhadap Guru-Guru Sakinah English Course Luluk Setyowati; Nurul Badriyatul Muthoharoh
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 9, No 1 (2018): E-DIMAS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/e-dimas.v9i1.2259

Abstract

Tata bahasa merupakan salah satu bagian penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Tata bahasa mencakup bagian dari keseluruhan aturan dalam bahasa Inggris, yakni reading, listening, dan speaking. Dengan demikian, banyak ahli bahasa Inggris mengemukakan bahwa pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing atau English as Foreign Language (EFL) haruslah memahami dan melatih kepekaan secara terus menerus tata bahasanya. Hal ini memudahkan guru dalam pengajaran dan pemberian nilai, sehingga diperoleh data yang relevan, obyektif, akurat, dan komprehensif tentang kondisi peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut, para guru pada lembaga kursus Sakinah English Course senantiasa dibina dan diarahkan atas pentingnya penilaian terhadap peserta didik. Penilaian itu termasuk bagaimana cara mengaplikasikan pengerjaan soal-soal grammar dan menghilangkan paradigma bahwa belajar grammar adalah cara kuno. Tujuan diadakan pelatihan assessment penggunaan Self-study book pada Sakinah English Course adalah untuk meningkatkan minat guru dalam penyusunan penilaian, peningkatan pemahaman, dan peningkatan keterampilan guru dalam menyusun penilaian melalui Self-study book, sehingga dapat diaplikasikan pada proses belajar mengajar pada lembaga tersebut.
Pemanfaatan E-Book Interaktif bagi Siswa SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang Endah Ratna Arumi; Maimunah Maimunah
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 11, No 4 (2020): E-DIMAS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/e-dimas.v11i4.3598

Abstract

Kegiatan pengabdian ini mempunyai tujuan jangka panjang untuk mewujudkan siswa SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan yang memiliki pengetahuan dan kreativitas pada bidang komputer khususnya untuk aplikasi pembuatan e-book sebagai sarana media pembelajaran. Tujuan jangka pendek dengan mengedukasi siswa dalam menggunakan tools pada aplikasi pembuatan e-book, sehingga diharapkan siswa dapat merancang dan mengembangkan keterampilan siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pendampingan secara komprehensif kepada siswa SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan melalui sosialisasi aplikasi pembuatan e-book yang interaktif, penggunaan aplikasi, pembuatan modul penggunaan aplikasi yang digunakan untuk panduan pengoperasian aplikasi tersebut, sehingga membantu siswa dalam praktik pembuatan desain dan siswa diharapkan dapat membuat e-book pada pelajaran tertentu. Hasil dari pengabdian ini dapat mengembangkan bakat kreativitas siswa melalui media pembelajaran e-book interaktif yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui konsep-konsep yang dijelaskan dengan menggunakan variasi konten. Pelatihan ini menghasilkan 15 e-book untuk 15 mata pelajaran siswa SMK, yang bisa dimanfaatkan siswa dan guru sebagai media belajar mengajar.
PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PAUD MELALUI TEMBANG DOLANAN KELURAHAN METESEH, KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG Asropah .; Alfiah .; Ismatul Khasanah; Bambang sulanjari
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 1 (2015): E-DIMAS
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/e-dimas.v6i1.787

Abstract

Abstrak ?é?á Pendidikan?é?á anak?é?á usia ?é?ádini ?é?ádilakukan?é?á dengan ?é?átujuan?é?á memberikan?é?á konsep ?é?áyang bermakna bagi ?é?áanak melalui pengalaman nyata dan bermakna. Hanya melalui pengalaman nyata dan bermaknalah anak menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu (curiousity) secara optimal ?é?áUpaya pembentukan konsep yang bermakna dalam pendidikan anak usia dini, erat sekali dengan pembentukan karakter pada diri peserta didik. Pendidikan karakter adalah pendidikan?é?á ?é?ábudi?é?á ?é?ápekerti?é?á ?é?áplus,?é?á ?é?áyaitu?é?á ?é?ápendidikan?é?á ?é?áyang?é?á ?é?ámelibatkan?é?á ?é?áaspek?é?á?é?á pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Dengan pendidikan karakter, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan emosi adalah bekal terpenting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan karena dengannya seseorang akan dapat berhasil dalam menghadapi segala macam tantangan yang akan dihadapi kelak. Salah ?é?ásatu ?é?áwarisan ?é?ábudaya ?é?áyang ?é?ádahulu ?é?ádigemari ?é?áoleh ?é?áanak-anak ?é?á(Jawa) ?é?áadalah tembang dolanan. Tembang dolanan ini bukan hanya berfungsi sebagai lagu yang biasanya ?é?á ?é?á dinyanyikan oleh anak-anak ketika bermain dan bersosialisasi dengan lingkungannya, atau lagu?é?á?é?á ?é?ásekedar hiburan semata-mata. Lebih?é?á?é?á ?é?ádari?é?á?é?á ?é?áitu tembang?é?á?é?á ?é?ádolanan merupakan?é?á?é?á ?é?ákarya seni yang?é?á sangat menarik karena di dalamnya terkandung makna yang tersirat, berisi pesan- pesan moral yang penting sebagai pembentuk karakter yang baik bagi anak bangsa Program Ipteks bagi masyarakat (IbM) ini bertujuan untuk membentuk karakteristik anak usia dini melalui tembang dolanan. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan pembelajaran karakter anak usia dini melalui tembang dolanan. Peserta pelatihan adalah para tutor PAUD dan kader Tutor PAUD di lingkungan kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang. ?é?á Kata kunci: Pendidikan anak usia dini, pembentukan karakter, dan tembang dolanan

Page 1 of 75 | Total Record : 749