E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 12, No 2 (2021): E-DIMAS

Pelatihan Moodle untuk Peningkatan Kemampuan dan Pemahaman E-Learning para Guru SMU/SMK

Dian Pratiwi (Universitas Trisakti)
Gatot Budi Santoso (Universitas Trisakti)
Syaifudin Syaifudin (Universitas Trisakti)
Syandra Sari (Universitas Trisakti)
Agung Sediyono (Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Dalam masa pandemic covid-19 sekarang ini, sangat dibutuhkan adanya media pembelajaran jarak jauh yang efektif dan mudah dipelajari bagi para guru, terutama guru SMU/SMK. Inilah yang menjadikan pelatihan Moodle dan content web editing diperlukan guna mendukung sarana belajar. Pada kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini, ada beberapa tahapan yang dilakukan. Mulai dari pra-persiapan yang terdiri dari pembuatan brosur digital, link pendaftaran, modul Moodle dan e-learning, kuisioner evaluasi dan quiz berhadiah dengan aplikasi Kahoot, Tahap berikutnya adalah pelaksanaan, dimana kegiatan workshop berlangsung secara daring melalui Google Meet selama kurang lebih 3.5 jam dengan 3 sesi materi. Tahap akhir adalah evaluasi dan penyusunan laporan. Berdasarkan hasil kuisioner yang dibagikan di awal pendaftaran dan akhir sesi kegiatan, didapat bahwa sebanyak 206 peserta hadir dari 369 peserta yang telah mendaftar. Kemudian sebanyak 90.3% atau 186 peserta menilai sangat baik jalannya pelatihan ini dalam memberikan pengetahuan tentang pengelolaan e-learning dan akan bersedia mengikuti jika kegiatan workshop tersebut diadakan kembali di kemudian hari. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...