Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)

Pengembangan Skill-Based Curriculum Untuk Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini

Elis Komalasari Elis Komalasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, kasus kekerasan pada anak (child abuse) mengalamipeningkatan. Komisi Nasional Perlindungan Anak mencatat bahwa sejak tahun 2010, jumlahkekerasan pada anak baik secara fisik maupun psikis mengalami peningkatan setiap tahunnya,terutama dalam bentuk kejahatan seksual pada anak. Pada umumnya, kejahatan seksual ataukekerasan bentuk lainnya pada anak seringkali dilakukan oleh anggota keluarga, tetangga danorang dekat sehingga hal tersebut menunjukan bahwa lingkungan rumah bagi anak ternyatatidak memberikan jaminan keamanan dan perlindungan. Untuk mengatasi permasalahantersebut, maka pendidikan anak usia dini sebagai bagian makro dari perkembangan anak danbagian dari masyarakat memiliki tanggung jawab untuk mencegah terjadinya tindak kekerasanpada anak. Lembaga pendidikan anak usia dini harus menganut sistem berperspektif anakdengan menyelenggarakan pendidikan dan perlindungan anak, salah satunya yaitu denganmengembangkan kurikulum berbasis keterampilan (skill-based curriculum) yang memilikifokus pada pengajaran keterampilan perlindungan diri dari berbagai bentuk kekerasan,khususnya kekerasan seksual pada anak. Skill based curriculum perlindungan diri untuk anakusia dini dikembangkan dengan melibatkan berbagai pihak dan komponen sekolah, yang terdiridari: kepala sekolah, guru, komite orang tua, tim ahli dan stake holder pendidikan anak usiadini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

aura

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Focus dan scope jurnal ini adalah upaya untuk mengaktualisasikan pemahaman yang lebih baik tentang studi-studi pendidikan islam anak usia dini dari berbagai aspek perkembangan. Baik yang terkait dengan perkembangan Spiritual,kongnitif, sosial-emosional, fsikomotor,bahasa,dan seni. teori-teori yang ...