Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 3 No. 2 (2020): Mei - Oktober 2020

Pengaruh Strategi Ice Breaking Giving Terhadap Motivasi Belajar Siswa : Studi Eksperimen pada Pembelajaran Tematik Kelas II Se-gugus I Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur

Nuryana Nuryana (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Sunardin Sunardin (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh strategi ice breaking giving terhadap motivasi belajar siswa,(2) seberapa besar pengaruh strategi ice breakig giving terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II Segugus I Kecamatan Towuti Kabupaten Luu Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Intact- Group Comparison. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis parametrik independent sample T-test dan analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan sample teknik simpl random sampling. Jumlah sampel dalam peneliia ini sebanyak 73 responden/siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh startegi ice beaking giving terhadap motivasi belajar siswa, sesuai engan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,000 yang nilai singnifikansi < 0,05. (2) besarnya pengaruh strategi ice breaking giving terhadap motivasi belajar siswa yaitu berdasarkan hasil uji regresi sederhana pada model summary diperoleh koefisien determinna r² yaiu sebanyak 0,623 yang dinyatakan dalam bentuk persentase sebesar 38,8% yang dibulatkan 39% atau setara dengan 0,888. jadi besarnya penauh strategi ice breaking givin terhadap moivasi belajar siwa yaitu sebesar 39% atau 0,888.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...