Pembangunan pendidikan karakter sangat penting dilaksanakankarena siswa tidakhanya dididik dari segi kecerdasan intelektual saja namun dididik pula dari segikarakter atau perilaku positif siswa. Namun pada kenyataannya banyak perilakunegative yang dilaksanakan oleh siswa.Hal ini menjadi tugas pokok pemerintah,pengajar, orang tua dan masyarakat untuk berperan dalam memajukanpembangunan pendidikan karakter guna mewujudkanSDM yang bermutu. Adapuntujuan penelitian adalah dapat mengetahui kendala dalam membentuk perilakupositif siswa di SMP Muhammadiyah Surakarta.Metode penelitian yaitu kualitatifyang bertujuan untuk melakukan pengamatan terhadap perilaku orang.Hasilpenelitian yaitu pelaksanaan pendidikan moral dapat mempengaruhi perilaku siswa.Diharapkan dapat merubah dan membentukperilaku siswa menjadi lebih baik.Diperlukan adanya kerjasama dan dukungan berbagai pihak supaya implementasipendidikan karakter dapat berjalan dengan efektif.
Copyrights © 2021