Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman bahwa kepuasan masyarakat yangmempengaruhinya adalah pelayanan administrasi. Maka penulis ingin mengetahuipengaruh pelayanan administrasi terhadap kepuasan masyarakat di kantor kuwudesa Tegalsari Kecamatan Plered. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian iniadalah pelayanan administrasi tangibles (bukti langsung), reliability (keandalan),responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati)berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di kantor kuwu DesaTegalsari Kecamatan Plered. Penelitian ini menggunakan desain penelitiandeskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif atau hubungan. Teknikpengumpulan data melalui angket atau kuesioner, dan observasi. Jumlah sampelpenelitian 43 orang Desa Tegalsari yang mendapatkan pelayanan di kantor kuwuDesa Tegalsari Kecamatan Plered dengan menggunakan rumus slovin dan teknikpengambilan sampel secara proposional. Dari hasil analisis skor variabel bebas(pelayanan administrasi) terhadap variabel terikat (kepuasan masyarakat)diperoleh nilai rata-rata dengan kategori sedang, dengan hasil uji statistikmenunjukan bahwa terdapat pengaruh pelayanan administrasi terhadap kepuasanmasyarakat sebesar 49,65% yang terdiri atas pengaruh tangibles (bukti langsung)sebesar 10,32%, pengaruh reliability (keandalan) sebesar 5,89%, pengaruhresponsiveness (daya tanggap) sebesar 9,39%, pengaruh assurance (jaminan)sebesar 10,66%, pengaruh emphaty (empati) sebesar 13,39%. Sedangkan pengaruhvariabel lain sebesar 50,35%. Semua pengaruh bersifat positif artinya semakinbaik pelayanan administrasi secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, makaakan semakin meningkatkan kepuasan masyarakat.Kata Kunci : Pelayanan Administrasi, Kepuasan Masyarakat.
Copyrights © 2018