Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan
Vol 8, No 1 (2019): Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF PADA ANAK-ANAK KEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF

Aref Vai (Pendidikan Kesehatan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP, Universitas Riau)
Jeri Lorenza (Pendidikan Kesehatan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Penjas Adaptif, Anak Bekebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi Kecamatan Rumbai. Metode penelitian menggunakan Penelitian Kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei dan instrumen berupa angket implementasi pembelajaran Penjas Adaptif dengan validitas 0,885, reliabilitas 0,959, dan kompetensi guru serta sarana dan prasarana dengan sampel sebanyak 3 guru. Teknik analisis penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan Pembelajaran Adaptif Penjas pada anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi kecatamatan Rumbai Pesisir  mengacu pada kategori baik 45%, 43% cukup baik dan kurang baik 12% dan 0% tidak baik kategori. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa implementasi pembelajaran Penjas Adaptif pada anak berkebutuhan khusus  di sekolah dasar inklusi di Kecamatan Rumbai Pesisir mengacu pada kategori baik. Kata Kunci: Implementasi,Pembalarajan Penjas Adaftif, Sekolah Dasar Inklusi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

altius

Publisher

Subject

Education Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is a national scientific journal open to seeking innovation, creativity, and novelty. This journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of sport areas as follows: 1. Physical Education; 2. Sport Education; 3. Sport ...