JURNAL CERDAS PROKLAMATOR
Vol 9 No 1 (2021): JURNAL CERDAS PROKLAMATOR

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Febri Yanto (Universitas Negeri Padang)
Enjoni Enjoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Abstrac. Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa di abad ke-21. Keterampilan pemecahan masalah siswa dapat dilatih dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran IPA. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas V SD Al-Azhar 32 Padang yang dipilih dengan probability sampling dengan teknik proportionale stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan bentuk test dan non test berupa soal pilihan ganda dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat keterampilan pemecahan masalah siswa SD Al-Azhar 32 Padang berada pada kategori sedang, yang dapat dilihat dari hasil pengerjaan siswa dalam tes keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran IPA (2) Faktor- faktor yang berpengaruh pada proses pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran secara global adalah: (a) ketelitian siswa dalam mengerjakan soal, (b) kebiasaan siswa dalam mengerjakan soal keterampilan pemecahan masalah dan (c) penguasaan konsep topik dari siswa. Hasil siklus I menunjukan nilai rata-rata ketercapaian siswa adalah sebesar 33,26 % sedangkan pada siklus II yaitu sebesar 76,38 % terjadi peningatan sebesar 43,12%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. Basic Education Curriculum Development. 2. Learning Mathematics, Science, Social Sciences, Citizenship, English Language, Indonesian Language, Islamic Education, Arts and local content in Basic Education. 3. Media and Instructional Technology in Basic Education. 4. Innovative and creative ...