JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT (JOISM)
Vol. 1 No. 2 (2020): Januari

PEMBUATAN PROTOTYPE APLIKASI GAME EDUKASI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Herni Fajar Santi (Universitas Amikom Yogyakarta)
Ika Asti Astuti (Universitas Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Pembelajaran tata surya yang dilakukan masih banyak yang menggunakan media seperti buku dan alat peraga. Media yang digunakan seperti buku dan alat peraga yang ada di sekolah biasanya perlu terus diperbaharui. Game merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Model pembelajaran menggunakan game terbukti dapat membuat pembelajaran menjadi lebih aktif, efektif dan menyenangkan, sehingga meningkatkan minat belajar siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, dan keaktifan siswa dalam mengembangkan potensi yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu agar siswa memahami tentang sistem tata surya menggunakan prototype game yang dibuat. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Metode Waterfall yang terdiri dari empat tahapan yaitu, Analisis Kebutuhan, Desain Sistem, Implementasi, dan Pengujian. Dengan Aplikasi Game Edukasi Sistem Tata Surya ini dapat membantu siswa belajar mandiri. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa prototype game yang dibuat sudah mudah digunakan oleh siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

joism

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Information System Management (JOISM) is a peer-reviewed journal published in January and June by Informatics Management Study Program, Universitas Amikom Yogyakarta. The JOISM have scopes or research areas but are not limited to : Information Technology, Information System, E-Business / ...