Bina Insani ICT Journal
Vol 5 No 1 (2018): Bina Insani ICT Journal (Juni 2018)

Comparison Ranking Aplikasi Animasi Berbasis Pembelajaran dengan Metode Promethee

Akmaludin Akmaludin (Sistem Informasi
STMIK Nusa Mandiri Jakarta)

Mohammad Badrul (Sistem Informasi
STMIK Nusa Mandiri Jakarta)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2018

Abstract

Abstrak: Seleksi aplikasi animasi memberikan gambaran yang baik sekali untuk dilakukan pengukuran, walaupun memberikan kesulitan dalam proses pengukurannya seperti halnya analisis cyclomatic complexcity, Region set, dan Matrix method. Dengan adanya metode Preference Ranking Organization for Enrichment Evaluation (Promethee) dapat dilakukan barometer penilaian untuk dilakukan seleksi terhadap beberapa aplikasi animasi yang terbaik, tentunya memiliki aturan yang sama yaitu untuk dipergunakan dikalangan user yang berumur kisaran sembilan hingga belasan tahun. Promethee merupakan turunan dari Multi-criteria Decision Making (MCDM), tetapi teknik yang digunakan untuk proses seleksi sangat berbeda. Promethee menggunakan teknik dasar yang mirip dengan Multi-criteria Decision Making (MCDM), tetapi untuk proses kelanjutannya jelas berbeda, Promethee lebih menekankan teknik seleksi dengan konsep outranking berdasarkan parameter tertentu yang bersifat parsial pada tahap Leaving Flow dan Entering Flow, sedangkan penggabungannya pada tahap Net Flow yang disebut Promethee-II. Hasil yang didapat melalui metode Promethee diunggulkan melalui perangkingan, metode outranking dengan bobot tertinggi didapat oleh animasi-1 dengan hasil 0,3; disusul dengan peringkat kedua outranking animasi-3 dengan hasil -0,1; dan peringkat terakhir dengan outranking animasi-2 dengan hasil -0,2. Kata kunci: MCDM, Outranking, Promethee, Seleksi. Abstract: The selection of animation applications provides an excellent overview of measurements, although it provides difficulty in the measurement process as well as cyclomatic complexity analysis, Region set, and Matrix method. With the method of Preference Ranking Organization for Enrichment Evaluation (promethee) can be done to determine the selection of some of the best animation applications, of course, have the same rules that are to be used by all of the users who ranged from nine to a twelve years old. Promethee is a derivative of Multi-criteria Decision Making, but the techniques used for the selection process are very different. Promethee uses basic techniques similar to Multi-criteria Decision Making, but for the technique of continuation is clearly different, Promethee emphasizes selection techniques with the concept of outranging based on certain parameters that are partial in the phase of Leaving Flow and Entering Flow while merging at the Net Flow stage called Promethee -II. The results obtained through the Promethee method are featured through the ranking of an outranking method with the highest weights obtained by animation-1 the result is 0.3; followed by second rating of outranking animation-3 the result is -0.1; and the latest of outranking with animation-2 the result is -0,2. Keyword: MCDM, Outranking, Promethee, Selection

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

BIICT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Bina Insani ICT Journal (BIICT) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Bina Insani. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Algoritma, Augmented and Virtual Reality, Bahasa Komputasi, Computer Graphics, Game Teknologi, Mobile Computing, ...