Jurnal Sisfotek Global
Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Rancang Bangun Sistem Informasi Pengendalian Barang Menggunakan Metode Economic Order Quantity (Studi Kasus : PT. Ega Tekelindo Prima)

Raharjo, Joko Dwi (Unknown)
Ermawati, Tutut (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2014

Abstract

EOQ (Economic Order Quantity) adalah suatu metode tentang pengendalian mengenai permintaan secara pasti dengan pemesanan yang dibuat secara konstan serta tidak adanya kekurangan persediaan. Setiap perusahaan industri pasti memerlukan bahan baku demi kelancaran proses bisnisnya. Dalam pengolahan data perusahaan pada saat ini sangat menunjang pembuatan informasi yang cepat, akurat dan tepat waktu. Pada saat ini penyampaian mengenai informasi pengendalian barang pada PT. Ega Tekelindo Prima masih dilakukan secara manual, seperti pencatatan barang masuk atau pengeluaran barang yang menggunakan kartu stok, dan permintaan barang yang sulit terkontrol, sehingga penyampaian informasi pengendalian barang menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan sebuah sistem baru untuk mempermudah penyampaian informasi pengendalian barang, sehingga informasi tersebut dapat memberikan keputusan yang dapat diambil sehingga kebutuhan akan bahan baku untuk proses produksi dapat terpenuhi secara optimal. Metode perancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan Object Oriented Analyst and Design  (OOAD) dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML), perangkat lunak akan dibangun menggunakan bahasa pemograman Hypertext Preprocessor (PHP) dan database MySQL. Dengan pembuatan sistem ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah sistem informasi pengendalian barang yang baru sehingga penyampaian informasi pengendalian barang dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan efisien sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan pada PT. Ega Tekelindo Prima dalam proses produksi.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

sisfotek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JURNAL SISFOTEK GLOBAL adalah salah satu artikel jurnal nasional yang disampaikan dalam manajemen informasi dan ilmu komputer. Kami mendorong semua ilmuwan yang memiliki keahlian di bidang ini untuk berkontribusi pada jurnal kami. Kami diterima banyak mata pelajaran seperti sistem informasi, ...