Movere Journal
Vol 2 No 1 (2020)

Pengaruh Website Quality Dan Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Lazada Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UINSU Medan

Wan Dian Safina (Universitas Muslim Nusantara Al-wasliyah Medan)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh website quality dan trust terhadap loyalitas pelanggan Lazada. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dimana populasi dalam teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam juruan Perbankan Syariah UINSU Medan dengan sampel sebanyak 44 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket (kuesioner). Hasil kolerasi menunjukkan hubungan yang kuat dengan nilai kolerasi 0,658 dan nilai R squdare (R2) = O,658 atau 65,8% menunjukkan bahwa secara simultas variabel Website Quality dan Trust mempunyai penagruh sebesar 65,8% terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F = 37,389 dengan tingkat probabilitas (0,000 < 0,05), sehingga dapat dibandingkan dengan Ftabel dan taraf kesalahan 5% adalah 3,23 maka Fhitung (37,389) > Ftabel (3,23), sehingga koefesien arah regresi ganda sangat berarti pada taraf signifikan 5% yang artinya Website Quality dan Trust secara bersama-sama memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil uji T secara persial variabel X1 (website quality) nilai thitung > ttabel (6,918 >1,682) dengan tingkat signifikan 0,000 <0,05. Artinya website quality (X1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalita pelanggan Lazada (Y). Sedangkan Trust/kepercayaan (X2) memiliki nilai thitung < ttabel (1,209 <1,682) dengan tingkat signifikan 0,234 >0,05. Artinya trust tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas pelanggan Lazada. Hasil penelitian ini menyatakan pengaruh variabel Website Quality (X1) dan Trust (X2) ditunjukkan dari hasil analisis regresi ganda Y= 2,998 + 0,747 X1 + 0,148 X2. Hal ini berarti jika terjadi peningkatan variabel Website Quality dan Trust, maka Loyalitas Pelanggan Lazada akan menigkat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MV

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Movere Journal merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tri Dharma Nusantara Makassar, terbit perdana sejak tahun 2019 Movere Journal memuat artikel berupa hasil-hasil penelitian (original research article) dan Jurnal Movere merupakan jurnal yang diterbitkan dua ...