Jurnal Jeumpa
Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Jeumpa

TELAAH KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI MELALUI TUGAS MERINGKAS SEJARAH PERKEMBANGAN MIKROBIOLOGI DI UNIVERSITAS SAMUDRA

Indriaty, Indriaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2018

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang perlu dimiliki oleh mahasiswa diantaranya adalah berpikir secara analisis. Melalui berpikir analisis seseorang memiliki kemampuan melihat suatu permasalahan secara menyeluruh sehingga dapat menemukan inti permasalahan dan segera menemukan penyelesaiannya. Tugas meringkas sebagai salah satu kegiatan mandiri untuk melatih berpikir secara analisis. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana kemampuan berpikir analisis mahasiswa pendidikan biologi melalui tugas meringkas materi sejarah perkembangan mikrobiologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester V sebanyak 28 orang yang menempuh mata kuliah Mikrobiologi pada Program studi Pendidikan Biologi tahun ajaran 2017/2018 di Universitas Samudra. Hasil penelitian diperoleh kemampuan berpikir analisis mahasiswa Pendidikan Biologi pada materi sejarah perkembangan mikrobiologi termasuk dalam ketegori cukup. Berasarkan nilai diskusi disertai presentasi diperoleh capaian kemampuan berpikir analisis sebesar 57,4% dengan kategori cukup. Berdasarkan nilai tugas meringkas diperoleh capaian kemampuan analisis mahasiswa sebesar 42,6% dengan kategori cukup.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...