Jurnal Tika
Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Aceh

Klasifikasi Jenis Suara Wanita Berdasarkan Register Suara Dalam Teknik Bernyanyi Secara Real Time Menggunakan Algoritma BAM dan Algoritma Viterbi

Rini Meiyanti (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Komputer dan Multimedia, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia)
Cut Lika Mestika Sandy (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Komputer dan Multimedia, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2021

Abstract

Dalam teknik bernyanyi, wanita lebih mempunyai register suara yang beragam dibandingkan pria. Banyak sekali register suara manusia, namun register suara yang biasa digunakan saat bernyanyi antara lain yaitu Chest Voice, Head Voice, Falsetto, dan Vocalfry. Maka untuk pengenalan jenis suara wanita berdasarkan register suara manusia dalam teknik bernyanyi diperlukan sebuah sistem sehingga nantinya berguna untuk pengenalan teknik-teknik bernyanyi secara lebih jelas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka diperlukan unjuk kerja dua metode yang akan digunakan dalam penelitian kali ini yaitu algoritma BAM dan algoritma Viterbi. Pengenalan suara dilakukan dengan menginputkan sampel suara hasil rekaman dan juga secara real time. Setelah diinput suara maka sistem akan mendapatkan hasil sesuai dengan metode yang akan digunakan yaitu algoritma BAM dan algoritma Viterbi. Algoritma BAM dapat memproses input yang tidak lengkap, karena adanya hubungan timbal balik antara dari lapisan output ke lapisan input. Dengan algoritma Viterbi maka pengolahan status-status dalam sistem pengenalan suara dapat lebih optimal. Pada algoritma BAM, nilai suara pengujian dan nilai sampel suara pelatihan yang diperoleh akan dicari nilai vektornya menggunakan pencarian nilai bobot yang dilakukan dengan cara mengubah matriks biner ke dalam matriks bipolar. Sedangkan pada algoritma Viterbi, nilai sampel suara pelatihan akan dicari pencarian Viterbi dengan menggunakan transformasi Mellin. Transformasi Mellin digunakan untuk merubah domain waktu ke domain frekuensi. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sistem yang dapat mengenali jenis suara wanita berdasarkan register suara manusia dalam teknik bernyanyi, yaitu dengan menunjukkan unjuk kerja dari kedua metode sehingga kita dapat mengetahui metode mana yang lebih optimal. Diharapkan dari penelitian ini akan memberikan hasil seberapa akurasi antara kedua metode tersebut dalam mendeteksi suara yang akan dilatih dengan harapan dapat memberikan sebuah keputusan perekomendasian antara algoritma BAM dengan algoritma Viterbi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Tika merupakan jurnal peer review yang diterbitkan tiga kali dalam setahun (April, Agustus, dan Desember) oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh. Jurnal Tika meliput penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Ilmu Komputer dan ...