cover
Contact Name
Fitri Rizani
Contact Email
fikom.umuslim@gmail.com
Phone
+6282296268740
Journal Mail Official
tika@umuslim.ac.id
Editorial Address
Gedung Aula MA Jangka Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Muslim Bireuen - Aceh. Jl. Al-Muslim, Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh 24261
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Tika
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 27238202     EISSN : 25031171     DOI : https://doi.org/10.51179/tika
Core Subject : Science,
Jurnal Tika merupakan jurnal peer review yang diterbitkan tiga kali dalam setahun (April, Agustus, dan Desember) oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh. Jurnal Tika meliput penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Ilmu Komputer dan lain-lain. Redaksi mengundang dosen penelitian, reviewer, praktisi, mahasiswa, dan pengamat untuk berkontribusi pada jurnal ini. Bahasa yang digunakan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jurnal Tika adalah jurnal ilmiah nasional yang terbuka untuk mencari inovasi, kreativitas dan kebaruan. Baik itu surat, catatan penelitian, artikel, artikel pelengkap, atau artikel ulasan. Jurnal Tika bertujuan untuk mencapai teori dan aplikasi mutakhir di bidang ini. Jurnal Tika menyediakan forum bagi para ilmuwan dan akademisi di seluruh Indonesia untuk mempromosikan, berbagi, dan mendiskusikan isu dan perkembangan baru di bidang teknologi informasi dan sistem informasi.
Articles 142 Documents
Klasifikasi Jenis Suara Wanita Berdasarkan Register Suara Dalam Teknik Bernyanyi Secara Real Time Menggunakan Algoritma BAM dan Algoritma Viterbi Rini Meiyanti; Cut Lika Mestika Sandy
Jurnal Tika Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Aceh
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1012.912 KB) | DOI: 10.51179/tika.v5i3.17

Abstract

Dalam teknik bernyanyi, wanita lebih mempunyai register suara yang beragam dibandingkan pria. Banyak sekali register suara manusia, namun register suara yang biasa digunakan saat bernyanyi antara lain yaitu Chest Voice, Head Voice, Falsetto, dan Vocalfry. Maka untuk pengenalan jenis suara wanita berdasarkan register suara manusia dalam teknik bernyanyi diperlukan sebuah sistem sehingga nantinya berguna untuk pengenalan teknik-teknik bernyanyi secara lebih jelas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka diperlukan unjuk kerja dua metode yang akan digunakan dalam penelitian kali ini yaitu algoritma BAM dan algoritma Viterbi. Pengenalan suara dilakukan dengan menginputkan sampel suara hasil rekaman dan juga secara real time. Setelah diinput suara maka sistem akan mendapatkan hasil sesuai dengan metode yang akan digunakan yaitu algoritma BAM dan algoritma Viterbi. Algoritma BAM dapat memproses input yang tidak lengkap, karena adanya hubungan timbal balik antara dari lapisan output ke lapisan input. Dengan algoritma Viterbi maka pengolahan status-status dalam sistem pengenalan suara dapat lebih optimal. Pada algoritma BAM, nilai suara pengujian dan nilai sampel suara pelatihan yang diperoleh akan dicari nilai vektornya menggunakan pencarian nilai bobot yang dilakukan dengan cara mengubah matriks biner ke dalam matriks bipolar. Sedangkan pada algoritma Viterbi, nilai sampel suara pelatihan akan dicari pencarian Viterbi dengan menggunakan transformasi Mellin. Transformasi Mellin digunakan untuk merubah domain waktu ke domain frekuensi. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sistem yang dapat mengenali jenis suara wanita berdasarkan register suara manusia dalam teknik bernyanyi, yaitu dengan menunjukkan unjuk kerja dari kedua metode sehingga kita dapat mengetahui metode mana yang lebih optimal. Diharapkan dari penelitian ini akan memberikan hasil seberapa akurasi antara kedua metode tersebut dalam mendeteksi suara yang akan dilatih dengan harapan dapat memberikan sebuah keputusan perekomendasian antara algoritma BAM dengan algoritma Viterbi.
Sistem Pakar Diagnosa Penyakit dari Tikus dengan Metode Fuzzy Logic Rizky Mauliza; Dedy Armiady
Jurnal Tika Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Aceh
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.474 KB)

Abstract

Tikus merupakan hewan liar yang hidup dimana pun. Dengan kata lain tikus merupakan hama bagi manusia, karena tikus lebih banyak membawa kerugian pada petani dan dapat menularkan banyak penyakit kepada manusia. Bahkan penyakit yang disebabkan oleh tikus ini dapat merakibat fatal. Tikus menyebarkan penyakit melalui urin dan gigitannya. Oleh karena itulah penyebaran penyakit oleh tikus bisa menjadi sangat mudah.Pada penelitian kali ini maka dibentuklah aplikasi untuk mendiagnosa penyakit yang disebabkan oleh tikus untuk membantu masyarakat mengetahui diagnosa penyakit lebih awal dengan menunjukan gejala gejala yang dialami. Pada penelitian ini akan dibentuk sebuah sistem pakar dengan metode fuzzy logic. Metodologi pengembangan penelitian ini adalah metode pengembangan sistem pakar. Dan bahasa pemrograman yang digunakan dalam membangun sistem pakar ini adalah PHP dan MySQL sebagai database. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pakar diagnosa penyakit yang disebabkan oleh tikus berbasis web. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengetahui jenis penyakit serta gejala yang dialami apabila terserang penyakit yang disebabkan oleh tikus dan dapat mengetahui penyebab penyakit yang disebabkan oleh tikus, sehingga masyarakat bisa lebih waspada
Augmented Reality untuk Materi Bangun Ruang Menggunakan Unity 3D, Vuforia SDK dan Aplikasi Blender Rahmat Rahmat; Noviyanti Noviyanti
Jurnal Tika Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Aceh
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.824 KB) | DOI: 10.51179/tika.v5i3.59

Abstract

The development of information and communication technology has an impact on globalization which will affect all aspects of human life, especially in the world of education. This requires educators to make innovation in learning. One of the innovations that following technological developments, namely Augmented Reality (AR). Augmented Reality is a technique of combining real and virtual worlds and is based on 3-Dimensions (3D). The objects used can be 2D or 3D. This research is entitled Augmented Reality for Building Materials using Unity 3D, Vuforia SDK, and Blender Applications. In this research, the application was developed by involving 3 main software, namely vuforia, unity 3D, and Blender. Vuforia is a plugin for a software called unity 3D. Augmented Reality and Unity 3D are two platforms that make it easier for users to produce 3D graphics that will be displayed if the graphic that has been used as a marker is highlighted with a camera from an SP. The results of this study have succeeded in developing applications with building markers using vuforia, unity 3D, and Blender.
Aplikasi System Repository Green Aceh untuk Menentukan Ramuan Obat Tradisional pada Penyakit Infeksi Chaeroen Niesa
Jurnal Tika Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Aceh
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.277 KB) | DOI: 10.51179/tika.v5i3.74

Abstract

Sistem Repository Green Aceh merupakan sistem informasi untuk menentukan jenis tumbuhan menjadi ramuan obat tradisional yang ada di aceh untuk pengobatan penyakit infeksi atau dikenal sebagai communicable disease atau transmissible disease yaitu penyakit yang nyata secara klinik mempunyai tanda-tanda atau gejala-gejala medis serta karakteristik penyakitnya. Sistem menentukan jenis tumbuhan untuk pengobatan penyakit infeksi (infectious disease) tersebut. Sistem memberikan pertanyaan berupa gejala-gejala yang harus dijawab oleh penderita, dari hasil proses tersebut sistem akan memberikan informasi penyakit apa yang dialami penderita guna mendapatkan tumbuhan apasaja yang sesuai untuk dijadikan ramuan alternative yang ada di aceh, Repository Green Aceh sangat bermanfaat untuk menyebar luaskan informasi tentang tumbuhan obat yang ada di provinsi aceh Pengembangan sistem repository ini tujuan untuk menyukseskan era industri 4.0 dan digitalisasi tumbuhan obat di aceh. Dengan sistem repository green aceh ini masyarakat bisa mendapatkan informasi mengenai tumbuhan yang bisa menjadi obat terhadap penyakit yang akan disembuhkan
Membangun Framework Repository Source Code Algoritma Komputer pada Platform Web Amrullah Amrullah; Mutasar Mutasar
Jurnal Tika Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Aceh
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.634 KB) | DOI: 10.51179/tika.v5i3.87

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 programmer dihadirkan platform CMS, Web builder yang mempercepat pembuatan program seperti create templete responsive/dinamis, CRUD dan grafik namun belum adanya framework untuk membangun source code pada platform web yang memecahkan alur proses pada sebuah algoritma sehingga akan membantu programmer/peneliti dalam menyelesaikan masalah aritmatika/logical proses pada sebuah algoritma/metode jika di-implementasikan kedalam source code platform web HTML, PHP, CSS. Urgensi permasalahan ini harus adanya sistem repository yang menyediakan source code algoritma komputer meliputi (expert system, data mining, decision system, artificial intelligence, kriptografi/security computer, system information, searching, image processing). Adanya repository ini akan memberikan kemudahan dalam menghasilkan source code algoritma/metode komputer untuk dapat digunakan sebagai, modify,combine, comparation, example, trying, testing , implementation, sehingga akan mudah dalam penyelesaian program penelitian dan membantu mempercepat laju skill programmer/peneliti di perguruan tinggi.
Prototype Kunci RFID (Radio Frequency Identification) dalam Meningkatkan Keamanan Kendaraan Bermotor Imam Muslem
Jurnal Tika Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Aceh
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.057 KB) | DOI: 10.51179/tika.v5i3.104

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan suatu sistem penguncian kendaraan bermotor untuk sebagai upaya dalam meningkatkan keamanan kendaraan bermotor dari aksi pencurian dan kehilangan. Konsep penyelesaian masalah yang digunakan yaitu dengan menggunakan sistem RFID yang bekerja dengan cara komunikasi antara RFID taq menggunakan kartu e-KTP sebagai kunci pembuka serta RFID reader sebagai pembaca kunci. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode pengembangan prototype dimana pada metode ini sistem akan terus dikembangkan dengan perulangan pada perancangan dan implemetasi agar sesuai dengan kebutuhan user. Selama sistem yang dibutuhkan oleh user belum terpenuhi secara maksimal maka akan terus dilakukan pengembangan. Hasil yang diapat yaitu sistem berhasil diimplementasi dengan konsep kerja yaitu kartu e-KTP didekatkan dengan RFID reader yang dipasang pada kendaraan bermotor, kemudian kode unik yang ada pada e-KTP dibaca oleh RFID reader yang bekerja pada frekuensi 13,56 MHz, kemudian id tersebut dikirim ke mikrokontroler sebagai perangkat pemroses dalam sistem ini untuk diverifikasi sebagai id card sah yang nantinya akan memerintahkan aktuator yaitu perangkat relay untuk mengaktfkan sistem kelistrikan secara keseluruhan sehingga kendaraan dapat dihidupkan dan dijalankan. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengujian jarak dan material yang menghalangi antara RFID tag dan RFID Reader yang menghasilkan kesimplan bahwa jarak efektif kartu e-KTP terbaca oleh RFID reader yaitu berjarak 3 cm. Sedangkan pengujian material untuk 10 material penghalang hanya 5 material yang tidak menghalangi pembacaan RFID tag oleh RFID reader yaitu kertas HVS 1 lembar, kertas HVS 50 lembar, plastik, arklik setebal 0,5 cm serta kain 1 helai. Sedangkan untuk bahan material logam seperti besi, seng dan aluminium menjadi penghalang pembacaan antara RFID tag dan RFID Reader.
Penerapan Teknik Multimedia pada Pembuatan Media Pembelajaran Kalkulus Barisan dan Deret Aritmatika pada Masa Pandemi Covid-19 T Rafli A
Jurnal Tika Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Aceh
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1383.758 KB) | DOI: 10.51179/tika.v5i3.106

Abstract

Pandemi Covid-19 banyak membawa perubahan terhadap perilaku masyarakat di Indonesia baik disukai maupun tidak disukai. Aktifitas masyarakat yang pada mulanya dilakukan secara konvensional, sekarang beralih menjadi serba digital dan online. Kondisi tersebut berdampak banyak kepada dunia pendidikan yang ada di Indonesia. Dimana saat ini aktifitas belajar siswa banyak dilakukan dari jarak jauh untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus Covid-19. Berbagai faktor dapat ditempuh dalam melaksanakan pendidikan daring secara efektif dan efisien. Salah satunya adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik serta mudah untuk dipahami oleh siswa. Dalam penelitian ini dikembangkan media pembalajaran kalkulus barisan serta deret aritmatika yang mana materi tersebut susah untuk dipahami, bahkan dengan metode pembalajaran tatap muka langsung antara siswa dengan guru, terlebih lagi dengan metode belajar daring yang banyak berdampak kepada psikologi siswa. Hasil yang didapatkan yaitu adanya satu aplikasi media pembalajaran interaktif yang didesain dan dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Audio Visual Aids (AVA) pada Siswa Tunarungu Noviyanti Noviyanti; Ratu Fazlia Inda Rahmayani
Jurnal Tika Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Aceh
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.763 KB) | DOI: 10.51179/tika.v5i3.107

Abstract

Tuna rungu adalah individu yang memiliki hambatan dalam hal pendengaran baik permanen maupun tidak. Dalam setiap proses mengajar siswa tuna rungu, perangkat pembelajaran sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan materi yang disampaikan, sehingga lebih mudah untuk memahami materi yang diberikan. Namun, perangkat pembelajaran matematika yang disusun khusus untuk siswa tunarungu sampai saat ini masih belum ada. Oleh karenanya, sangat diperlukan adanya perangkat pembelajaran matematika yang disusun khusus untuk siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran berbasis Audio Visual Aids (AVA) pada siswa tunarungu yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur pengembangan produk dari Plomp yang diadaptasi menjadi empat tahap yaitu: (1) investigasi awal; (2) desain; (3) realisasi/konstruksi; dan (4) tes, evaluasi, dan revisi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi, dan angket respon siswa. Hasil validasi diperoleh bahwa RPP memiliki nilai rata-rata 3,63 dengan kriteria sangat baik dan dapat dikatakan valid, LAS memiliki nilai rata-rata 3,68 dengan kriteria sangat baik dan dapat dikatakan valid, dan hasil tes memiliki nilai rata-rata 3,63, yaitu kriteria sangat baik dan dapat dikatakan valid. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa keterlaksanaan perangkat pembelajaran berbasis Audio Visual Aids (AVA) pada siswa tunarungu tergolong baik dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat aktif. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran dapat dikatakan valid dan praktis. selain itu, perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran lainnya sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran.
Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Desa Terintegrasi Berbasis Teknologi Informasi Dedy Armiady
Jurnal Tika Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Aceh
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (854.002 KB) | DOI: 10.51179/tika.v5i3.114

Abstract

Kemudahan teknologi informasi saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi tiap individu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari mulai dari perangkat pendukung dalam aktivitas utama hingga sebagai pendukung dalam kegiatan lainnya. Sistem administrasi di wilayah pinggiran Indonesia – khususnya Kabupaten Bireuen, Nanggroe Aceh – masih dilakukan dengan sistem konvensional. Sistem administrasi di tingkat desa merupakan level terendah dari sistem administrasi ketatanegaraan republik Indonesia, di antaranya pengelolaan data kependudukan, merupakan sebuah sistem administrasi yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat, dan juga sebuah hal wajib bagi setiap penduduk Indonesia untuk mengikuti dan terlibat di dalamnya. Pada saat tulisan ini dibuat, sistem administrasi berbasis teknologi informasi di tingkat desa tidak disediakan oleh pemerintah sehingga setiap desa memiliki cara masing-masing dalam menjalankan sistem dan mengelola data kependudukan. Dalam penelitian ini dibahas mekanisme sistem baru berbasis Online, di antaranya rancangan model, alur sistem hingga kebutuhan sistem secara umum. Penggunaan media internet dalam pelaksanaan kegiatan administrasi tidaklah sepenuhnya berjalan sesuai harapan mengingat ketersediaan layanan internet masih terbatas di beberapa wilayah Indonesia. Di Aceh, khususnya kabupaten Bireuen ketersediaan layanan internet sudah memadai untuk sebagian besar wilayah yang mana dapat dijadikan sebagai Pilot Project dari sistem yang dibangun, di samping itu sebagian besar masyarakat di wilayah Bireuen – terutama mereka yang usia produktif – memiliki gawai sebagai Daily Driver yang sangat mendukung diimplementasikannya Sistem Informasi Administrasi Desa berbasis Online.
Rancangan Aplikasi Pengenalan Budaya Aceh Munar Munar
Jurnal Tika Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Aceh
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.507 KB) | DOI: 10.51179/tika.v5i3.122

Abstract

Teknologi yang semakin canggih saat ini, membuat banyak anak lebih suka menggunakan teknologi dalam menonton video, bermain game dan bersosialisasi melalui media,tetapi dengan kemudahan teknologi saat ini, mereka lebih suka dengan budaya asing daripada budaya sendiri. Kebiasaan ini sangat erat kaitannya dengan aktivitas sehari hari yang selalu menggunakan HP pintar melalui jaringan internet.Begitu juga dalam hal pengenalan budaya Acehbagi anak-anak sekolah maupun luar sekolah masih sangat kurang minat saat ini. Pembuatan aplikasi ini merupakan salah satu solusi untuk memberikan pengetahuan tentang budaya nya sendiri (Budaya Aceh). Dengan adanya aplikasi ini diharapkan anak-anak lebih mengenal budaya nya sendiri di banding budaya asing.Dengan demikian dapat menimbulkan rasa cinta terhadap daerah nya sendiri. Aplikasi yang dirancang adalah sebuah aplikasi pengenalan budaya yang terdiri dari berbagai menu untuk memudahkan si user membuka aplikasi ini, dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall yaitu perencanaan sistem, desain sistem, penulisan kode, pengujian sistem dan pemeliharaan yang baik agar dapat bermanfaat bagi pengguna.

Page 1 of 15 | Total Record : 142