Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih rendahnya pemahaman konsep siswa khususnya pada materi bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontekstual dan siswa yang belajar menggunakan pendekatan konvensional, yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu true experimental design dengan desain control group pretest-posttest design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banda Aceh, sedangkan sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII2 yang diterapkan pendekatan kontekstual dan kelas VIII3 yang diterapkan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yang berbentuk uraian. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak dan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar melalui pendekatan kontekstual lebih baik daripada siswa yang belajar melalui pendekatan konvensional pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP.
Copyrights © 2018