Jurnal Pendidikan Kimia (JPKim)
Vol 7, No 1 (2015): April

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN Contextual Teaching And Learning (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Saronom Silaban (Jurusan Kimia)
Neeta Sri Debora Simangunsong (Jurusan Kimia)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2015

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian ini telah dilakukan di SMA Methodist 1 Medan. Kelas sampel (kelas XI) diberikan perlakuan dengan model pembelajaran CTL. Kelas sampel telah memenuhi kriteria uji normalitas dan homogenitas. Evaluasi awal(pre-tes) siswa kelas sampel rata-rata M=16.25±6.25. Setelah perlakukan pembelajaran menggunakan model CTL, rata-rata pencapaian siswa (post-tes) meningkat menjadi M=76.39±6.09. Meningkatnya rata-rata post-tes siswa tersebut mengindikasikan bahwa pembelajaran menggunakan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keberhasilan belajar ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa, dimana dalam perhitungan keberhasilan belajar berdasarkan %gain diperoleh rata-rata keberhasilan siswa sebesar 72% Hasil analisis uji beda atau uji t diperoleh thitung > ttabel (6,34> 1,6905) pada α = 0,05 yang berarti pembelajaran menggunakan CTL berpengaruh positif terhadap siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya pada pokok bahasan sistem koloid.Kata Kunci: Pembelajaran CTL, sistem koloid, hasil belajar siswa

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Environmental Science

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPKim) yang dikelola Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan terbit 3 kali setahun, yakni bulan April, Agustus dan Desember. JPKim menerbitkan artikel ilmiah hasil-hasil penelitian pendidikan kimia dan kimia fundamental. JPKim juga menerbitkan artikel Review terkait ...