Chronologia
Vol 1 No 3 (2020): Chronologia

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 55 Jakarta

Adittyas Setiawan Yudha Prawira (Unknown)
Laely Armiyati (Universitas Siliwangi)
Hari Naredi (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran sejarah di Kelas XI IPS B SMA Negeri 55 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 55 Jakarta tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini melibatkan siswa Kelas XI IPS B sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian pada siklus I ini menunjukkan 13,89% siswa mencapai kategori baik dan siklus II mengalami peningkatan, yakni 88,89% siswa mencapai kategori baik. Nilai rata-rata siswa pada siklus I hanya 62,2 dan meningkat menjadi 84,1 pada siklus II. Artinya, pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa melalui model discovery learning pada pembelajaran sejarah Kelas XI IPS B SMA Negeri 55 Jakarta mengalami peningkatan. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran sejarah Kelas XI IPS B SMA Negeri 55 Jakarta.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jhe

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Chronologia is an Open Access Journal published by University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka and managed by Department of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. This journal published third times a year, March, July and November. ...