Jurnal Elemen
Vol 7 No 2 (2020)

PERBANDINGAN JUMLAH PISTON CALIPER REM CAKRAM TERHADAP JARAK DAN WAKTU PENGEREMAN PADA SEPEDA MOTOR 110 CC

Imam Prasetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2020

Abstract

Pada setiap sepeda motor caliper rem cakramnya mempunyai piston yang jumlahnya berbeda. Sehingga tingkat kepakeman rem juga berbeda, sehingga perlu adanya penelitian untuk mencari sistem pengereman yang maksimal berdasarkan jumlah piston yang digunakan. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui jarak dan waktu pengeremannya dan caliper mana yang baik digunakan ataupun yang paling maksimal kinerjanya. Dalam pengujian ini menggunakan beberapa jenis caliper yaitu caliper 1 piston, 2 piston dan 4 piston juga memberikan tekanan yang berbeda pada tuas rem sebesar 2 Kg, 3 Kg dan 4 Kg. Pada pengujian ini menggunakan alat timbangan pegas digital guna untuk menentukan tekanan pada tuas rem dan juga menggunakan stopwatch untuk menentukan waktu pengereman yang dihitung dari titik awal pengereman sampai motor berhenti. Berdasarkan hasil pengujian didapat kinerja caliper dan paling maksimal adalah caliper 2 piston karena memiliki rata-rata waktu dan jarak pengereman yang lebih rendah dari caliper 1 piston dan 4 piston. Dan yang kedua adalah caliper 4 piston karena memiliki jarak dan waktu yang cukup rendah dibandingkan dari caliper 1 piston. Dan yang terakhir adalah caliper 1 piston memiliki jarak dan waktu yang paling tinggi dibandingkan caliper 2 piston dan 4 piston. Kata Kunci : Rem, Caliper, Jarak, Waktu

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JE

Publisher

Subject

Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Control & Systems Engineering Energy Engineering

Description

Jurnal Elemen is a media for publishing scientific articles in the field of mechanical and automotive engineering which are published regularly in June and December each year. All articles presented are the results of research, conceptual ideas and reviews in the field of mechanical and automotive ...