Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit Juni 2019)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BANQUET TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LABERSA GRAND HOTEL & CONVENTION CENTER SIAK HULU KAMPAR

Nova Syafrina (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau)
Syaiful Akbar (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan di Labersa Grand Hotel & Convention Center, Siak Hulu, Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Labersa Grand Hotel & Convention Center, Siak Hulu, Kampar. Populasi yang ada dalam penelitian ini sebanyak 1.317 orang. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan asidental sampling, yaitu sebesar 93orang. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil regresi linier adalah Y=16,974+ 0,642X yaitu memiliki arah hubungan yang positif, dan dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen hal tersebut dapat dilihat nilai nilai t_hitung (7,722) > dari t_tabel (1,98638). sedangkan besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 39,6 persen sedangkan sisanya sebesar 60,4 persen menggambarkan variabel bebas lainnya yang tidak diamati dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen. This research was conducted at Labersa Grand Hotel & Convention Center, Siak Hulu, Kampar. The purpose of this study was to determine whether there was a significant effect between the quality of service on customer satisfaction at Labersa Grand Hotel & Convention Center, Siak Hulu, Kampar. The population in this study was 1,317 people. In this study the sampling uses incidental sampling, which is equal to 93 people. The data used are primary and secondary data with analysis using simple linear regression. The results showed that the linear regression results were Y = 16,974 + 0,642X which has a positive relationship direction, and the service quality variable has a significant effect on customer satisfaction. It can be seen the value of t-count (7,722)> from t-table (1,98638). while the magnitude of the effect of service quality on consumer satisfaction is 39.6 percent while the remaining 60.4 percent describes other independent variables not observed in this study.. Keywords: Service Quality and Consumer Satisfaction

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmbi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis dimaksudkan sebagai jurnal untuk menerbitkan artikel tentang manajemen dan bisnis. Jurnal Manajemen dan Bisnis menerima manuskrip dalam berbagai topik yakni : Manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen pembangunan daerah, manajemen ...