Jurnal Pendidikan
Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan

Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Arus Searah Dan Bolak-Balik Pada Peserta didik MAN 1 Pandeglang

Ade Farid Hasyim (Prodi PGSD STKIP Syekh Manshur)
Badri Munawar (Prodi PGPAUD STKIP Syekh Manshur)
Minhatul Ma’arif (Prodi PGPAUD STKIP Syekh Manshur)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Arus Searah Dan Bolak-Balik Pada Peserta didik MAN 1 Pandeglang. Jenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini disebut desain fakrorial 2 x 2, dimana 2 adalah jumlah level dari variabel moderasi minat belajar peserta didik dan 2 adalah jumlah level treatment media video dan media konvensioanal. adapun sampelnya dintukan menggunakan simple random dengan cara diundi. Satu kelompok kontrol yang berjumlah 24 orang dan kelompok ke-2 adalah kelompok eksperimen yang berjumlah 22 orang.. Dari hasil output Group Statistics nilai rata – rata hasil post-test kelas eksperimen dengan media vidio sebesar 79,32 dan kelas post-test kelas kontrol dengan konvensional nilainya sebesar 66.46 lebih kecil dibandingkan dengan nilai rata – rat nilai post-test ekperimen yang strategi pembelajaran menggunkan media vidio oleh karena itu dapat disimpulkan juga penggunaan media vidio lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...