Jurnal Pendidikan
Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan

Keefektifan Penerapan “Tekoteka” Ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Sorong

Yannika Nidiasari (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Surya Putra Raharja (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Heny Sri Astutik (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan penerapan teknologi sederhana alat peraga matematika (Tekoteka) ditinjau dari peningkatan kemampuan berhitung permulaan di sekolah dasar se-Kabupaten Sorong. Subjek penelitian ada 3 sekolah, yaitu: SD Inpres 26 Klamono Kabupaten Sorong sebanyak 15 peserta didik, SDN 12 Maladuk Kabupaten Sorong sebanyak 10 peserta didik, dan SD YPK Ebenhaezer Klawana Kabupaten Sorong sebanyak 15 peserta didik. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest noneqivalen group. Hasil data sebelum perlakuan di SD Inpres 26 Klamono Kabupaten Sorong memiliki nilai rata-rata 35,23, nilai maksimal 55, nilai minimal 20 sementara hasil data setelah perlakuan memiliki nilai rata-rata 79,33, nilai maksimal 90, dan nilai minimal 70. Hasil data sebelum perlakuan di SDN 12 Maladuk Kabupaten Sorong memiliki nilai rata-rata 39,00, nilai maksimal 60, nilai minimal 25 sementara hasil data setelah perlakuan memiliki nilai rata-rata 81,67, nilai maksimal 95, nilai minimal 75. Hasil data sebelum perlakuan di SD YPK Ebenhaezer Klawana Kabupaten Sorong memiliki nilai rata-rata 36,60, nilai maksimal 55, nilai minimal 20 sementara hasil data setelah perlakuan memiliki nilai rata-rata 80,00, nilai maksimal 90, nilai minimal 70. Berdasarkan hasil tersebut penerapan ‘Tekoteka’ efektif ditinjau dari peningkatan kemampuan berhitung permulaan di sekolah dasar se-Kabupaten Sorong.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...