Jurnal Pendidikan
Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan

Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Sistem Pengelolaan Microteaching dengan Siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEPP)

Herdi Herdi (Universitas Lancang Kuning)
M. Fadhly Farhy Abbas (Universitas Lancang Kuning Riau)
Destina Kasriyati (Universitas Lancang Kuning Riau)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2021

Abstract

Microteaching merupakan mata kuliah wajib yang harus diperoleh oleh mahasiswa. Sebagai calon guru dituntut untuk dapat mengajar dan mempraktekkan sistem pengelolaan kelas dengan baik. Oleh karena itu mahasiswa diharapkan mampu untuk menerapkan Siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEPP) pada mata kuliah microteaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mendesin RPP dan system pengelolan microteacing dengan siklus PPEPP. Penelitian ini adalah penelitiadeskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 38 mahasiswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata kemampuan mahasiswa dalam mendesain RPP dan pengelolaan kelas microteaching pada setiap indikator siklus PPEPP adalah 62.55 yang dapat dikategorikan cukup. Pada indikator perencanaan skor rata-rata mahasiswa adalah 16,9 (27%), rata-rata kemampuan mahasiswa pada indikator pelaksanaan adalah 23,7 (38%), sedangkan pada indikator evaluasi, rata-rata kemampuan mahasiswa adalah 9,1 (15%), kemudian pada indikator pengendalian, rata-rata kemampuan mahasiswa adalah 6,1 (10%), dan terakhir pada indikator peningkatan, rata-rata kemampuan mahasiswa adalah 6,8 (11%). Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan mahasiswa dalam mendesain RPP dan pengelolaan microteaching dengan siklus PPEPP dikategorikan cukup.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...