Jurnal Literasiologi
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi

Praksis Membaca Ekstensif Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dan Implikasinys Terhadap Pengajaran

Monalisa Monalisa (UIN Sulthan Thaha Saifudddin Jambi)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2021

Abstract

Artikel ini dimaksudkan untuk melihat praksis membaca ekstensif pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan implikasinya terhadap pengajaran. Dari 58 angket terbuka yang disebarkan, hanya 19 responden saja yang mengembalikannya. Respon mereka terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian dikelompokkan berdasarkan tema- tema yang muncul. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan mewawancarai beberapa responden yang bersedia sebagai bentuk konfiirmasi dari data angket terbuka sebelumnya. Temuan menunjukkan bahwa kegiatan membaca ekstensif yang mereka jalani berbentuk independen dan blended intensive and extensive. Ada berbagai genre bacaan yang menarik minat baca mereka, namun fiksi berupa novel menjadi pilihan utama disusul teks-teks faktual seperti artikel popular, dan artikel ilmiah. Temuan lainnya adalah adanya perubahan attitude pembelajar terhadap kegiatan membaca yakni membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Terakhir adalah bahwa kegiatan membaca ekstensif yang “disatukan” dengan membaca intensif masih menunjukkan adanya inkonsistensi sebagian kegiatannya dengan prinsip-prinsip membaca ekstensif itu sendiri. Oleh karena itu diperlukan program membaca ekstensif yang terencana dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...