Jurnal Literasiologi
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2019/2020 Pada Materi Hukum Termodinamika dengan Model Pembelajaran Inkuiri di SMAN 14 Tebo

Rudi Sunardi (SMA Negeri 14 Tebo)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2021

Abstract

Sub materi hukum 1 termodinamika dan proses-proses termodinamika adalah salah satu sub materi yang diajarkan pada siswa kelas XI IPA SMAN 14 Tebo tahun pelajaran 2019/2020, berdasarkan hasil tes awal rata-rata hasil belajar siswa pada rentang nilai 61-80 masih jauh dari persentase indikator kinerja yang telah ditetapkan sebesar 50%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 14 Tebo tahun pelajaran 2019/2020 dalam sub materi hukum I termodinamika dan proses-proses termodinamika. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan dan refleksi, dan menggunaka model pembelajaran inkuiri sesuai dengan kondisi siswa kelas XI IPA SMAN 14 Tebo Tahun 2019/2020. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif, dan dianalisis dengan menggunakan rumusan yang telah ditetapkan. Hasil tindakan yang dilakukan menunjukkan peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 14 Tebo tahun pelajaran 2019/2020 pada rentang nilai 61-80 sebesar 35,71 %, dari 17,86% sebelum dilakukan tindakan menjadi 53,57%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...