Jurnal Literasiologi
Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Literasiologi

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SEBAGAI TERAPI EKSPRESIF TERHADAP EMOSI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 KOTA JAMBI

Idham Khalik (MAN 3 Kota Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Kemampuan menulis ke arah yang tepat. Rancangan penelitian menggunakan Single Group Design dengan metode one group pre-test and post-test experiment. Partisipan berjumlah delapan peserta didik kelas XI IPS 2 yang memiliki skor STAXI rendah mempunyai kemampuan menulis. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan ada penurunan emosi marah partisipan setelah menulis cerita pendek. Hasil yang didapatkan memperlihatkan bahwa menulis cerita pendek dalam terapi ekspresif mampu untuk menurunkan emosi marah pada peserta didik . Selain itu, menulis cerita pendek dapat dijadikan sebagai salah satu sarana katarsis dan media self-help bagi kelas XI IPS 2 MAN 3 Kota Jambi untuk mengekspresikan emosi dan perasaan marahnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...