Biolearning Journal
Vol 7 No 1 (2020): Biolearning Journal (Februari 2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MAHASISWA SEMESTER VI UNIMUDA SORONG TAHUN 2019

Jaharudin Jaharudin (Unknown)
Fathurrahman Fathurrahman (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Istiqomah Istiqomah (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah ekologi hewan pada submateri keaneragaman komunitas. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol tanpa model pembelajaran discovery learning. Analisis data berupa uji validitas, n gaint, dan uji t tidak berpasangan, analisis nilai afektif dan psikomotor, uji mann whitney U dan uji linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi aspek kognitif dan afektif sebesar p (0,000) < α (0,05), sedangkan nilai signifikansi aspek psikomotor sebesar p (0,029) < α (0,05), hal ini berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar. Besaran pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif sebesar 52,1%, sedangkan pada aspek afektif dan psikomotor tidak dapat dianalisis secara lanjut besaran pengaruhnya karena berupa data ordinal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...