Biolearning Journal
Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)

PENGARUH PEMBELAJARAN PBL (Problem Base Learning) DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTIM PENCERNAAN DI KELAS X SMA PGRI SERUI PROVINSI PAPUA

Roy Marthen Rahanra (STKIP PGRI Papua Serui)
Orgenes Runtuboi (STKIP PGRI Papua Serui)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis PBL dengan media gambar terhadap hasil belajar Biologi di SMA PGRI Papua Kabupaten Kepulawan Yapen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Variabel bebas (Independent) dan hasil belajar siswa SMA PGRI Papua sebagai variabel terikat (Dependent). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas Xa dan Kelas Xb, dimana dengan Penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan pertimbangan sampel digunakan dengan suatu maksud tertentu atau sesuai penggunaanya. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data-data dalam penelitian ini yaitu dengan alat pengukuranya yaitu tes hasil belajar Biologi dengan mengunakan LKS Sebagai indikator pengukur hasil belajar siswa dengan teknik kelas XA Mengunakan metode PBL Sedangkan Kelas XB mengunakan metode ceramah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis PBL pada mata pelajaran Biologi sangat baik untuk menunjang pembelajaran. Karena terdapat peningkatan hasil belajar Siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis PBL memberikan dampak dan pengaruh sehingga hasil belajar yang diperoleh oleh siswa mencapai ketuntasan dari hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji-t, pada taraf nyata, α = 0,05 di peroleht hitung= 9.298 dant tabel= 2,024. Jadi, thitung = 9.298>ttabel = 2,024 yang artinya statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritiknya. Ini menunjukkan bahwa tidak cukup bukti untuk menolak H1. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran PBL dipadu media gambar dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...