Biolearning Journal
Vol 8 No 1 (2021): Biolearning Journal (Februari 2021)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Hidayatussakinah Hidayatussakinah (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Ismail Marzuki (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Nurul Alia Ulfa (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2021

Abstract

Kemamampuan berpikir kritis merupakan kemamapuan yang harus dimiliki oleh peserta didik, dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemamapuan peserta didik dalam berpikir kritis Jenis penelitian ini adalah kuantitatif-eksperimen semu dengan desain penelitain nonequivalent pretest posttest control group design. Jumlah Populasi dalam penelitian adalah 262 orang yang tergabung dalam kelas VII SMP Negri Mataram. Sampel penelitian berjumlah 114 orang yang terbagi menjadi 4 (Empat) kelas, diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpiki kritis adalah tes essy. Data dianalisis menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...