Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Pengaruh Latihan Ladder Drill Terhadap Kelincahan Dan Kecepatan Pemain Futsal Undikma

Fadli Zainuddin (Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat, Undikma)
P. Muhammad Yusuf (Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat, Undikma)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

Futsal adalah permainan jenis sepakbola yang dimainkan oleh 10 orang (masing-masing 5 orang), serta menggunakan bola lebih kecil dan lebih berat daripada yang digunakan dalam sepakbola. Futsal adalah permainan yang sangat cepat dan dinamis, karena dari segi lapangan yang relatif kecil hampir tidak ada ruang untuk membuat kesalahan. Oleh karena itu setiap pemain futsal dituntut memiliki kondisi fisik yang prima. Salah kondisi fisik yang dominan dalam cabang olahraga futsal adalah kecepatan dan kelincahan. Latihan ladderi drill merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan, kelincahan, koordinasi dan keseimbangan  secara keseluruhan dan latihan ini tidak dimaksudkan untuk mengalami kelelahan berarti atau mengalami sesak nafas. Salah satu permasalahan dalam tim futsal Undikma adalah belum merata kecepatan dan kelincahan para pemain dalam latihan maupun dalam pertandingan, oleh karena itu untuk memecahkan masalah tersebut penulis akan menerapkan bentuk latihan yaitu Pengaruh Latihan Ladder Drill Terhadap Kelincahan dan Kecepatan Pemain Futsal Undikma. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur peranan latihan ladder drill dalam meningkatkan kelincahan dan kecepatan pemain futsal Undikma. Dari data hasil penelitian menunjukan bahwa latihan ladder drill dapat meningkatkan kelincahan dan kecepatan pemain futsal Undikma. Hasil tes kelincahan nilai t-hitung (4,75) > dari t-tabel (1,812), dengan dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, berdasarkan nilai rata-rata dari pretest sebesar 186 dan posttest sebesar 173,6 maka terdapat peningkatan hasil dari latihan yang dilakukan selama pertemuan sesuai dengan program latihan yang direncanakan menghasilkan nilai rata-rata sebesar 12,4. Sedangkan hasil tes kecepatan nilai t-hitung (15,48) > dari t-tabel (1,812) dengan dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, berdasarkan nilai rata-rata dari pretest sebesar 40,1 dan posttest sebesar 25,7 maka terdapat peningkatan hasil dari latihan yang dilakukan selama pertemuan sesuai dengan program latihan yang direncanakan menghasilkan nilai rata-rata sebesar 14,4.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...