MAT-EDUKASIA
Vol 5 No 1 (2020): April 2020

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MATERI HIMPUNAN

Awatif (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Dalam proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan sehingga hasil belajarnya belum mencapai nilai maksimal, melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian Teras, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian Teras. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan objek penerapan model pembelajaran CIRC pada materi himpunan dengan pokok bahasan Diagram Venn. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian Teras yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yaitu melakukan tes akhir dan observasi. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran matematika materi himpunan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian Teras. Aktivitas siswa meningkat dari 33,33% pada siklus I menjadi 71,11% pada siklus II. Hasil belajar meningkat dari nilai rata-rata 64,58 pada siklus I menjadi 71,39 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 63,89% pada siklus I, dan naik menjadi 86,11% pada siklus II, dengan demikian ketuntasan hasil belajar 85% siswa telah dicapai dengan nilai KKM yaitu ≥ 60. Kata Kunci: Hasil Belajar, Cooperative Integrated Reading and Composition.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mat-edukasia

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Mathematics

Description

Terbit perdana pada tanggal 10 April 2016, diterbitkan secara berkala (enam bulanan) setiap bulan April dan Oktober. Jurnal MAT-EDUKASIA merupakan versi daring dari jurnal lama dengan nama serupa yang terbit hingga Oktober 2015. Jurnal ini didedikasikan untuk ilmuwan yang peduli dengan studi tentang ...