TEKNOLOGIA
Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Teknologia

Analisis Faktor Pengaruh Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Di Masa Pandemic Covid-19 (Studi Kasus: Minimarket Daerah Tangerang)

Zahra Salsabila (Universitas Pertamina)
Mirna Lusiani (Universitas Pertamina)
Rahmad Inca Liferda (Universitas Pertamina)
Nur Layli Rachmawati (Universitas Pertamina)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2021

Abstract

Keputusan dalam melakukan pembelian adalah proses yang sangat panjang. Pada dasarnya sebuah keputusan berbelanja adalah rasa ingin tahu konsumen terhadap kebutuhan suatu produk baik barang ataupun jasa, dapat dijelaskan bahwa konsumen adalah orang yang mengidentifikasi suatu produk yang akan di beli selama tiga tahap proses konsumsi. Pada tahun 2019 dunia digemparkan oleh sebuah wabah baru dengan ciri infeksi paru-paru yang dinamakan COVID-19 (Corona Virus Disease-2019), sampai saat ini COVID-19 dapat melumpuhkan suatu Negara karena penularannya melalui kontak fisik antar manusia, hal ini menyebabkan perubahan gaya hidup, dan perubahan pada perilaku konsumen. Online Shopping saat ini menjadi pilihan utama beberapa konsumen dalam berbelanja demi menjaga kontak secara fisik antar individu. Pada penelitian dengan judul “Analisis Faktor Pengaruh Perilaku Konsumen dalam Berbelanja di Masa Pandemi COVID-19” dilakukan dengan tujuan menganalisis faktor penyebab yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian yang menjadi pola perilaku konsumen di masa Pandemi COVID-19. Analisis ini dilakukan dengan mempertimbangkan 5 (lima) indikator utama strategi pemasaran sebagai variabel independen dengan formula 4p + 1s (Price, Product, Promotions, Place, dan Services) dan variabel dependen adalah Kepuasan Pelanggan dengan melakukan observasi, wawancara konsumen, dan perancangan kuesioner di Minimarket. Dalam melakukan pengumpulan data dengan teknik purposive sampling, data tersebut kemudian diolah untuk menjadi informasi yang terukur dengan Skala Likert, dan pengolahan data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan software SPSS 25. Dari hasil penelitian dihasilkan bahwa faktor promosi sebagai variabel X3 dan faktor layanan sebagai variabel X5 berpengaruh dengan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di masa Pandemi COVID-19. Kata kunci: Perilaku Konsumen, Analisis Regresi Linier Berganda, Pandemi COVID-19, Strategi Pemasaran, Purposive Sampling.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teknologia

Publisher

Subject

Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Mathematics

Description

Jurnal Teknologia dengan ber-ISSN 2654-5683 merupakan bagian dari Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN), adalah jurnal keilmuan yang merupakan produk kolaborasi dari lima (5) Perguruan Tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN, yaitu Universitas Pertamina, Telkom University, ...