Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati
Vol 6, No 1 (2021)

Perbedaan Status Gizi Balita Berdasarkan Tahun Pengamatan di Posyandu Kecubung Wilayah Kerja Puskesmas Ngaglik II Sleman.

Marlinawati, Utari (Unknown)
Susanto, Nugroho (Unknown)
Suwarto, Suwarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2021

Abstract

Latar Belakang: Gizi balita masih menjadi perhatian di berbagai belahan dunia. Penelitian sebelumnya 49,0% kekurangan gizi. Status gizi anak dipengaruhi oleh rumah tangga rawan pangan, pendapatan rumah tangga rendah, pengasuh buta huruf, pengangguran, asupan makanan tidak memadai, BBLR, konsumsi pola makan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan status gizi di posyandu berdasarkan tahun di puskesmas Ngemplak.Metode: Rancangan penelitian yang digunakan merupakan rancangan  cross sectional. Sampel penelitian sebesar 585 balita yang menimbang di Posyandu Kecubung yang memenuhi kriteria inklusi dan eklusi penelitian. Variabel independent yaitu status gizi dan Variabel dependent adalah tahun penimbagan. Pengumpulan data dengan survey dengan memanfaatkan data sekunder hasil penimbangan balita di Posyandu Kecubung. Analisis data dilakukan dengan chi square dengan tingkat kepercayaan 95%.Hasil:  Pada tahun 2018 terdapat 95.24% balita dengan status gizi tidak normal, pada tahun 2019 terdapat 92.03% balita dengan status gizi tidak normal, dan pada tahun 2020 terdapat 94.59% balita dengan status gizi tidak normal. Tidak terdapat perbedaan signifikan status gizi antara tahaun 2018, 2019 dan tahun 2020 p = 0.322 di wilayah kerja Puskesmas Ngaglik.Kesimpulan : Tidak ada perbedaan status gizi balita di posyandu Kecubung Puskesmas Ngaglik II Sleman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

formil

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KESMAS RESPATI (p-ISSN: 2502-5570, e-ISSN: 2550-0864) is a peer-reviewed journal that publishes scientific articles from various public health disciplines (biostatistics and demography, epidemiology, health education and behavioral science, health policy administration, ...