Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 5 No. 2 (2020): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

PEMBANGUNAN APLIKASI UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN AKSES TOKEN & ALGORITMA SIMPLE RANDOM SAMPLING: Ujian daring: algoritma: simple random sampling

Erwin Yulianto (Universitas Langlangbuana)
Firman Sanjaya (Universitas Pasundan)
Trisno Setiadi (Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Sekolah memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan para siswanya. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memiliki sistem ujian dan penilaian yang baik. Kendala yang dialami di banyak Sekolah, yaitu pengaturan yang mengatur pertanyaan, persetujuan dan penjadwalan, masih menggunakan metode manual dan belum terkomputerisasi. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan membangun sistem informasi yang ada di sekolah dengan mengganti proses pemeriksaan manual dengan yang terkomputerisasi, kemudian dirancang sistem ujian online dan unduhan siswa berbasis web. Seorang guru di sekolah secara langsung memproses pertanyaan ujian siswa. Demikian juga siswa setelah mengikuti ujian akan dapat langsung melihat hasil ujian. Metodologi Penelitian menggunakan metode deskriptif dan model pengembangan sistem menggunakan model prototype evolutioner. Setelah penelitian dan desain, aplikasi yang dibuat harus memenuhi kriteria sekolah dengan menambahkan fitur pertanyaan acak menggunakan algoritma pengambilan sampel acak sederhana dan fitur akses token untuk memasukkan pertanyaan ujian. sehingga tidak semua kelas bisa mengaksesnya. Ini juga dapat membantu menampilkan skor pada masing-masing siswa ini selain aplikasi yang dibuat untuk mempersiapkan siswa dalam ujian nasional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...