Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 1 (2021): Islamic EduKids (Juni 2021)

MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Khairunnisa Ulfadhilah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2021

Abstract

Pembelajaran mengarah pada kontruktivisme perlu diterapkan pada anak usia dini sebab tindakan menciptakan makna yang dipelajari, membuka pengetahuan anak secara aktif, pendidik memberikan pengetahuan pada anak sebab anak di TK Negeri Satap Cirebon tak sepenuhnya menerapkan pembelajaran kontruktivisme sehingga eksplorasi anak tidak maksimal. Tujuan riset ini dilakukan agar anak didik dapat menerapkan pembelajaran kontruktivisme disekolah dengan arahan pendidik. Metode yang digunakan yakni kualitatif seperti observasi, wawancara maupun dokumentasi. Hasil riset di TK Negeri Satap Cirebon signifikan pembelajaran anak dikelas, anak dapat menjawab pertanyaan dari pendidik, pendidik mengajarkan dengan aktif, suasana pembelajaran anak dikelas tidak monoton, menciptakan suasana belajar yang mengasyikan. Peran pendidk dalam pembelajaran kontruktivisme dapat membimbing, mengarahkan anak untuk makna baru terhadap pengalaman atau informasi yang anak dapatkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IEK

Publisher

Subject

Education Other

Description

Islamic EduKids adalah jurnal ilmiah hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Mataram dan terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni ...