Pembelajaran mengarah pada kontruktivisme perlu diterapkan pada anak usia dini sebab tindakan menciptakan makna yang dipelajari, membuka pengetahuan anak secara aktif, pendidik memberikan pengetahuan pada anak sebab anak di TK Negeri Satap Cirebon tak sepenuhnya menerapkan pembelajaran kontruktivisme sehingga eksplorasi anak tidak maksimal. Tujuan riset ini dilakukan agar anak didik dapat menerapkan pembelajaran kontruktivisme disekolah dengan arahan pendidik. Metode yang digunakan yakni kualitatif seperti observasi, wawancara maupun dokumentasi. Hasil riset di TK Negeri Satap Cirebon signifikan pembelajaran anak dikelas, anak dapat menjawab pertanyaan dari pendidik, pendidik mengajarkan dengan aktif, suasana pembelajaran anak dikelas tidak monoton, menciptakan suasana belajar yang mengasyikan. Peran pendidk dalam pembelajaran kontruktivisme dapat membimbing, mengarahkan anak untuk makna baru terhadap pengalaman atau informasi yang anak dapatkan.
Copyrights © 2021