Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) untuk menurunkan perilaku agresi siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Muhammadiyah Srumbung, subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang dibagi menjadi tiga kelompok yakni satu kelompok eksperimen (KE), satu kelompok kontrol satu (KK1) dan satu kelompok kontrol dua (KK2). Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala agresi, desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalalah Solomon Three Group Design. Nilai post test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol satu yang dianalisis menggunakan teknik teknik Mann Whitney U diperoleh Asymp. Sig sebesar 0,014 (p<0,05). Nilai post test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol satu yang dianalisis menggunakan teknik teknik Mann Whitney U diperoleh Asymp. Sig sebesar 0,031 (p<0,05). Hasil analisis data di atas menunjukkan bahwa Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) efektif menurunkan perilaku agresi, guru dan orang tua dapat menggunakan Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) sebagai salah satu cara menurunkan perilaku agresi.
Copyrights © 2020