Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal)
Vol 2, No 2 (2020): Oktober

Perbandingan Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Leaflet dan Audio Visual dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

Niluh Miftahul Janah (STIKES Surya Global Yogyakarta)
Endar Timiyatun (STIKES Surya Global Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2020

Abstract

ABSTRAK Kanker payudara adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh menjadi sel kanker. Sel-sel yang terus menerus tumbuh menjadi benjolan disebut dengan tumor. Tumor ganas mempunyai sifat yang khas, yaitu dapat menyebar luas ke bagian lain di seluruh tubuh untuk berkembang menjadi tumor yang baru. Sel kanker dapat menyebar kebagian tubuh lainnya. Masalah utama terjadinya kanker payudara adalah ketidakteraturan dan jarang sekali melakukan SADARI dengan benar. Sikap remaja yang tidak baik dapat mempengaruhi perilaku dalam melakukan SADARI. Mengetahui perbandingan efektifitas pendidikan kesehatan dengan media leaflet dan audiovisual dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang SADARI di SMA Negeri 2 Banguntapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra exsperiment one group pretest and postest, rancangan ini juga tidak ada kelompok pembanding (kontrol). Sampel berjumlah 40 responden, dengan pembagian 20 responden kelompok leaflet dan 20 responden kelompok audiovisual. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi di SMA Negeri 2 Banguntapan. Uji statistik yang di gunakan pada penelitian ini adalah uji wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui media leaflet dengan nilai (p=0,000) dan pendidikan kesehatan melalui media audiovisual (p=0,000). Dan menggunakan uji mann-whitney didapatkan (p=0,001) didapatkan hasil nilai mean untuk leaflet 14,40 dan untuk audiovisual sebesar 26,60 yang artinya bahwa pendidikan kesehatan menggunakan media audiovisual lebih efektif dari pada menggunakan media leaflet. Ada perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan dengan media leaflet dan audiovisual dalam meningkatkan pengetahuan tentang SADARI di SMA Negeri 2 Banguntapan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

JKT (Jurnal Keperawatan Terpadu) is a national journal of the nursing department poltekkes kemenkes mataram with issn 2406-9698 which discusses about education, research and community service based on knowledge in the field of nursing scope of various departments of ...